BlogTechnology Ways

Perusahaan Teknologi Termahal yang Dibeli Facebook

Facebook adalah sebuah jejaring sosial dan situs web yang sangat populer bagi semua orang dengan sosok mark zuckerberg sebagai pendirinya. Layanan jejaring sosial dan situs web ini diluncurkan pada februari 2004. Tapi facebook tempo dulu tidaklah semenarik sekarang tentunya dengan fiturnya yang sedikit.

Facebook ini sendiri pada mulanya hanya terbatas digunakan oleh mahasiswa (i) Harvard University kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.

Namun sampai saat ini tercatat Facebook sudah membeli 5 perusahan teknologi besar dengan harga yang mahal tapi memiliki peluang yang cukup besar tentunya.

Berikut 5 perusahaan teknologi besar yang dibeli facebook :

  1. WhatsApp

Biaya akuisisi: US$ 19 miliar

Aksi Facebook mengakuisisi WhatsApp sekaligus menjadi pembelian perusahaan teknologi termahal di dunia. Facebook tercatat membeli aplikasi pengiriman pesan instan seharga US$ 19 miliar.

Baca Juga:  7 Alasan kenapa Orang Hebat Selalu Memakai Baju Yang Sama

WhatsApp memang merupakan aplikasi yang tumbuh secara fenomenal di dunia global sejak pendiriannya pada 2009. Perusahaan tersebut hanya terdiri dari 55 karyawan yang semuanya kini tercatat sebagai miliarder setelah pembelian tersebut.

Sebelumnya, sang pendiri WhatsApp, Jan Koum pernah bekerja di Yahoo dan berhenti untuk membangun aplikasinya sendiri. Koum terkenal sebagai penduduk miskin yang kemudian menjadi miliarder sukses lewat WhatsApp.

  1. Instagram

Biaya akuisisi:  US$ 1 miliar

Pada 2012, pembelian besar lainnya dilakukan Facebook saat mengakuisis Instagram seharga US$ 1 miliar. Meskipun Instagram sangat populer, tapi seharusnya saat itu harga penjualannya belum mencapai US$ 1 miliar.

Facebook dikatakan mengakuisisi Instagram karena memiliki platform berbagi gambar yang lebih baik. Sementara Facebook tidak memilikinya. Tentu saja, Instagram dapat menarik jauh lebih banyak pengguna dan memberi Zuckerberg keuntungan yang menjanjikan.

  1. Onavo

Biaya akuisisi: US$ 150 juta-US$ 200 juta

Perusahaan teknologi asal Israel yang diakuisis Facebook adalah Onovo. Aplikasi tersebut dapat mengurangi biaya pengelolaan data pada pengguna.

Facebook memanfaatkan jasa perusahaan tersebut untuk mencapai tujuannya membuat penggunaan internet lebih hemat bagi para penggunanya. Maklum, Zuckerberg berniat memastikan masyarakat tidak mengeluarkan biaya internet mahal saat mengakses Facebook.

Baca Juga:  5 Rahasia Menghasilkan Uang Via Instagram

Tentu saja, dibanding merancang aplikasi baru, Onavo menjadi jalan keluar instan yang dipilih Facebook. Saat ini, ketiga aplikasi yang dikeluarkan Onavo dapat digunakan secara gratis.

  1. Atlas

Biaya akuisisi: US$ 100 juta

Facebook mengakuisisi Atlas Advertiser Suite milik Microsoft tahun lalu seharga US$ 100 juta. Atlas merupakan perusahaan yang menelusuri apa yang dilakukan masyarakat setelah melihat sejumlah iklan di suatu media.

Teknologi yang diciptakan Atlas itu dikenal dengan Click Purchase Path Analysis. Yang benar-benar dibeli Facebook saat itu sebenarnyam tekonologi serta hak penggunaan formula Atlas.

Saat ini, Facebook dapat meningkatkan pendapatannya lewat berbagai iklan yang terpampang di situs tersebut.

  1. Face.com

Biaya akuisisi: US$ 60 juta

Perusahaan dengan perangkat lunak yang dapat mengenali garis wajah ini dibeli Facebook pada Juni 2012. Perusahaan yang berdiri pada 2009 ini berbasis di Tel-Aviv dan hanya memiliki 10 karyawan.

Pada 2011, software-nya mampu mengindentifikasi 18 miliar wajah dalam Aplication Programming Interface dan sejalan dengan platform Facebook. Sejak mengakuisisi Face.com, Facebook telah berhasil merilis dua aplikasi baru yaitu Photo Tagger dan Photo Finder.

Baca Juga:  Kode Bank Mandiri Syariah, Mandiri, BNI, BRI dan Lainnya Seluruh Indonesia

Itulah 5 perusahaan teknologi termahal yang dibeli oleh facebook. Mungkin anda baru tau sekarang tapi tanpa sadar anda sudah mengetahuinya, karna pada saat anda mendaftar di instagram misalnya pasti ada kata “login dengan facebook” . Jika anda sedikit lebih teliti hal itu sudah lebih dari cukup untuk menyimpulkan bahwa instagram adalah milik facebook.

Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

SmartZone

Smartzone hadir memberikan informasi-informasi menarik tentang teknologi, edukasi dan isnpirasi untuk kehidupan Anda.Kami hanyalah penulis yang sedang belajar. Be Smart? Only at Smartzone.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker