BlogEducationsPerkembangan Diri

3 Tips Untuk Mengatasi Rasa Malas

Sebelum membahas 3 tips untuk mencegah rasa malas baiknya anda tanyakan pada diri anda masing masing apakah anda pernah merasakan malas ? atau memang anda adalah seorang pemalas. Dan celaka nya adalah jika anda yang malas tapi tidak sadar jika anda adalah pemalas.

Lazimnya  ada 2 hal yang mampu membuat orang tidak malas :

Yang pertama karna ada motivasi untuk melakukan sesuatu sehingga anda tidak mungkin akan malas untuk melakukannya, boleh jadi karna ada hadiah atau sebagainya. Coba lihat anda saat ingin mengikuti lomba dan anda yang tidak sedang mau mengikuti lomba tentu semangat anda juga sangat signifikan berbeda bukan.

Nah yang kedua adalah menghindari rasa sakit dan akhir nya terpaksa untuk tidak malas.

Untuk lebih lanjutnya berikut 3 tips untuk mencegah rasa malas :

  1. Membuat Target

Bisa dipastikan bahwa memiliki target sangatlah efektif untuk mengilangkan rasa malas. Tapi juga perlu digaris bawahi bahwa pengertian dari target itu adalah sesuatu yang harus dicapai bukan sesuatu yang diangan angankan. Contohnya jika anda memiliki target “besok pagi saya harus bangun jam 5 pagi karna akan keluar kota, nah secara tidak sadar pikiran bawah sadar anda sudah merekam target anda tersebut dan bisa dipastikan besok pagi anda akan bangun jam 5 atau bahkan lebih awal.

Lain halnya jika anda hanya berangan angan “jika besok pagi saya bangun pagi maka saya akan lari pagi” nah target yang tidak jelas seperti ini sudah bisa dipastikan tidak akan tercapai dan akan membuat anda tidak akan bisa menanggulani rasa malas.

  1. Hukuman

Sebagaimana yang sudah dijelaskan pada awal tadi bahwa lumrahnya manusia akan meninggalkan rasa malas karna menghindari rasa sakit. Contohnya akan rajin belajar ketika mau ujian, akan masuk kantor tepat waktu jika dipotong gaji dan sebagainya. Nah intinya anda juga perlu membuat hukuman bagi diri sendiri agar anda bisa meninggalkan rasa malas.

  1. Reward

Untuk mengatasi rasa malas anda juga perlu hadiah. Seperti ketika kecil mungkin anda pernah di hadiahi oleh orang tua jika dapat rangking, maka anda akan amti matian belajar hanya untuk dapat rangking karna ada reward. Maka untuk mengatasi rasa malas anda juga perlu menghadiahi diri sendiri atas segala pencapaian. Atau anda juga bisa memberi reward kepada karyawan atau bawahaan anda agar mereka tidak malas.

Dan itulah 3 tips untuk mengatasi rasa malas. Semoga bermanfaat dan mebuat hidup anda lebih baik.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker