OpiniSekitar Kita

Al-Quran Bisa Menebak Tahun Kelahiran? Benarkah?

Akhir-akhir ini kita kembali dihebohkan oleh suatu perkara yang tak lazim, tidak tahu siapa yang memulai dan dari mana asal ide tersebut. Selain di media sosial, isu ini pun bertambah luas melalui pesan BBM, WA dan SMS. Saya sendiri mendapatkannya.

Mungkin anda juga menerima atau pernah membaca isu seperti ini “Al-Qur’an terdiri dari 114 surat, coba kurangi 114 tersebut dengan umur anda, hasilnya adalah tahun kelahiran anda. Jika benar, ucapkanlah Subhanallah.” Lantas pertanyaannya, benarkah ini salah satu mukjizat Alquran??

Kehebohan ini pun ramai-ramai dipublikasikan oleh banyak media, tak tanggung-tanggung, isu ini pun dihembuskan oleh media yang sudah sangat besar seperti Tribunnews yang memuat judul ‘ Subhanallah! Alquran Memang Istimewa, Bisa Menebak Tahun Kelahiran Manusia”. Hal ini kemudian dishare dimana-mana oleh banyak orang. Pertanyaannya kembali, benarkah ini salah satu mukjizat Alquran??

Baca juga: Alvin Tan, Ini Hukuman Yang Pantas Bagi Blogger Anti Islam Seperti Alvin Tan

Secara sekilas hal ini memang benar, coba saja anda praktekkan, jika saat ini usia anda 28 tahun, lalu dikurangi jumlah surat yang ada dalam Alquran 114 maka hasilnya adalah -86. Bettul kan? Tapi mari menalar sedikit lebih jauh, berpikir sedikit jernih. Agar tidak mudah menerima hal-hal yang manipulatif. Alquran adalah mukjizat sepanjang zaman, sebagai muslim kita harus meyakini itu. Tebakan angka kelahiran melalui jumlah surat Alquran diatas hanya sebuah rekayasa manipulatif bukan mukjizat Alquran. Alquran adalah pedoman hidup manusia bukan pedoman penentu tahun kelahiran manusia.

Baca Juga:  #TukarBajuPacar, Ini Pertanda Apa? Ini Kumpulan Foto #TukarBajuPacar

Lantas kenapa bisa terjadi seperti diatas? Simple, coba saja anda praktekan hal ini tahun depan, 2015 saat usia anda 29 tahun. Apakah hasilnya adalah tahun kelahiran anda? lantas mukjizat Alquran jadi hilang? Sungguh manipulatif bukan? Artinya, rumus diatas hanya berlaku pada tahun 2014 saja.

Namun pada sebagian orang yang mempercayainya akan dengan mudah menyebarkan kesemua orang. Akhirnya pesan semacam ini dengan begitu mudah tersebar kemana-mana.

Niat awalnya mungkin ingin memuliakan Alquran tapi yang terjadi justru membuat orang semakin bodoh dan bahkan kadang bisa membuat orang berpikir pendek dan menyatakan bahwa mukjizat Alquran tidak benar ketika ia sudah mengetahui jawaban sebenarnya.

Baca juga: Ternyata Punya Istri Lebih dari 4 Itu Boleh, Dengan Syarat….

Memang ada hal-hal tertentu dalam Alquran yang berkaitan dengan angka, tapi yang perlu sangat diingat adalah bahwa Mukjizat Alquran berlaku sepanjang zaman, bukan hanya pada satu tahun saja. Hasil dari kebenaran angka kelahiran jangan dikait-kaitkan dengan mukjizat Alquran.

Alquran adalah mukjizat paling besar yang diturunkan Allah melalui Rasulullah yang selalu relevan dengan segala zaman hingga hari kiamat tiba. Alquran bukan mukjizat yang hanya berlaku ditahun tertentu saja.

Baca Juga:  Berapa Dosa??

Allah sendiri berjanji dalam Alquran bahwa Allah akan selalu menjaga Alquran “Inna Nahnu nazzalnal dzikra wainna lahu lahafizun”. Bahkan Allah menantang orang-orang yang ingin membuat Alquran tandingan jika mereka mampu. Dan sampai saat ini belum pernah ada yang mampu dan tidak akan ada yang mampu sampai akhir zaman. Baca juga: Menggetarkan, Pemuda Ini Beri Mahar Hafalan Quran!

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker