Tutorial

Cara Mudah Install WordPress Online

Cara Mudah Install WordPress Online Р Menurut hemat saya, cara paling mudah menginstal CMS Wordpres adalah secara online yaitu menggunakan Cpanel dan aplikasi yang ada di dalamnya. Berikut saya coba sharingkan cara mudah install wordpress secara online.

Tapi sebelumnya, Anda harus ketahui bahwa dalam dunia WordPress ada dua jenis layanan. Pertama gratisan, Anda bisa akses melalui www.wordpress.com dan ini tidak membutuhkan instalasi apapun, tinggal pakai saja. Kedua, berbayar, yaitu dengan menyewa sebuah hotingan berbayar yang disediakan oleh banyak penyedia layanan sewa hosting. Untuk aplikasi wordpress ini bisa di download di: www.wordpress.org. Nah, cara mudah install wordpress online disini ditujukan untuk mereka yang menggunakan wordpress dengan menyewa hostingan khusus.

Ok, kembali kejudul, Cara Mudah Install WordPress Online. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyewa tempat hosting dan membeli sebuah domain untuk alamat situs Anda seperti misal www.in90day.com. Anda bisa menyewa dan membelinya DISINI!. 

Jika sudah, maka kita akan lanjut pada langkah-langkah berikutnya, jika belum, beli dulu…karena itu syarat utamanya. Setelah membeli, biasanya penyedia hosting akan memberikan Anda sebuah username dan pasword untuk masuk ke Cpanel situs Anda. Simpan dan catat baik-baik.

Baca Juga:  Panduan Lengkap Awal Membuat Blog

Baca Juga: Ini Baru Hosting Murah Unlimited Indonesia

Berikutnya silahkan ikuti petunjuk ini;

Masuk ke Cpanel situs Anda www.namasitusanda.com/cpanel

Bagian paling bawah dengan menggunakan Aplikasi Softaculous Apps Installer, pilih Scripts WordPress. Makan Anda akan dibawah kesebuah halaman Instalasi WordPress seperti dibawah ini;

Klik tombol “Install”

Tunggu sampai proses subbmiting data selesai. Kemudian akan muncul data-data yang harus Anda isi berupa Software Setup.

Pada bagian ini, Anda bisa mensetting beberapa hal seperti Site Name, pasword untuk masuk ke wordpress dan lain-lain. Yang paling penting disini adalah kolom “In Directory”. Karena jika salah mengisi, Anda harus ulang lagi dari awal. Cukup kosong kan saja bagian ini.

Tujuan dari isian ini adalah untuk menunjukkan halaman utama web kita saat di akses. Biasanya ada tulisan Wp, maka nama web kita nantinya menjadi www.namaanda.co,/wp. Hapus tulisan wp dan biarkan kosong.

Kemudian pilih sebuah template yang telah disediakan lalu isi “Email installation detail to” dengan email Anda dan klik tombol “Install”. Setelah selesai, Anda akan diberikan sebuah link untuk masuk kedalam Dashbar WordPress Anda. Seperti dibawah ini;

Baca Juga:  Membuat Slide Box Rekomendasi di Blogger


Berikut tampilan masuk ke dashbar wordpress Anda. Isi username dan pasword yang telah Anda buat pada bagian Software Setup tadi.

Maka akan muncul dashbar wordpress dengan tampilan seperti dibawah ini;

Kini website berbasis CMS wordpress Anda telah siap diluncurkan, tinggal di isi dan di edit sesuai kebutuhan.

Demikian cara mudah install wordpress online, sangat mudah bukan? Baca juga tutorial WordPress lainnya DISINI!

 

Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker