Tutorial

Memanfaatkan Fitur Posting Di WordPress

Bagi seorang pemula dalam dunia wordpress pasti sudah tidak asing dengan cara membuat posting terbaru di blog berbasis WordPress.

Tapi tidak semua pemula tau fungsi dan kelebihan masing-masing tool yang ada pada menu posting wordpress. Postingan kali ini saya ingin sedikit mengupas fitur-fitur yang ada pada elemen postingan wordpress. Tujuannya, agar semua fungsi bisa lebih maksimal digunakan saat akan memposting tulisan di WordPress.

Berikut adalah tampilan umum dari sebuah dashbar postingan yang ada di WordPress. Bisa jadi yang teman-teman lihat ini berbeda dengan yang teman-teman miliki, hal ini kemungkinan disebabkan oleh beda versi wordpress yang terinstal dan plugin yang digunakan. Tapi secara umum hampir sama.

Silahkan teman-teman perhatikan keterangan yang ada pada penunjuk gambar.

Dibagian atas postingan, lebih tepatnya dibawah judul postingan, ada Permalink, disini kita bisa mengedit link sesuai dengan yang kita inginkan. Biasanya link secara otomatis terbentuk saat kita menulis judul. Dengan meng-klik Edit, kita bisa mengganti link tersebut dengan yang lebih pendek. Hal ini sangat berpengaruh terhadap SEO dari tulisan yang kita buat.

Baca Juga:  Ini Dia Faktor Penting Keberhasilan Broadcast Messenger

Visual dan Text adalah format penulisan, usahakan jika teman-teman tidak terlalu paham dengan bahasa pemprograman, lebih baik memilih Visual sangat mengetik. Karena terlihat lebih mudah.

Pada bagian bawah ada Word Count yang berfungsi menghitung setiap kata yang telah kita susun dan Draft Save At untuk menyimpan file secara otomatis, sehingga saat kita menulis, semua yang telah kita tulis secara otomatis tersimpan dalam bentuk draft. Jadi tidak perlu khawatir kehilangan tulisan.

Berikutnya, pada bagian sebelah kanan, teman-teman akan menjumpai menu seperti gambar dibawah ini;

Save Draft berfungsi untuk menyimpan tulisan yang sedang kita buat ke dalam bentuk draft sehingga kita bisa mengeditnya kapanppun kita mau.

Preview berfungsi untuk melihat tampilan dari tulisan yang sudah kita buat, bisa membantu kita untuk membaca kembali tulisan yang sedang kita buat

Status memungkinkan kita untuk mengatur status postingan kita. Secara otomatis setiap postingan akan ditandai dengan draft dan posting diterbitkan. Kecuali jika kita menggunakan sebuah plugin yang bisa mengatur status tersebut.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Ukuran Detail Dari Setiap Sudut Blog Atau Website

Visibility, mempermudah kita dalam mengatur target dari postingan kita, untuk Umum atau untuk lainnya

Pasword Protector, memberikan pasword pada postingan kita

Private,  memungkinkan kita untuk mempublikasikan secara pribadi posting di situs WordPress. Tulisan pribadi akan terlihat oleh pengguna yang memiliki hak editing di situs tersebut.

Publish Immediately, berfungsi untuk mengatur waktu posting dari sebuah tulisan, dengan adanya ini, kita bisa mengatur kapan tulisan kita akan ditampilkan di WordPress.

Baca: Cara Menjadwal Postingan Blog WordPress

Move to Trash, memindahkan postingan kita ke tempat sampah tulisan.

Publish, ini adalah tombol terakhir dari sebuah postingan, fungsinya untuk mempublikasikan tulisan kita kedalam blog atau web yang kita punya.

Categories dan Tags berfungsi untuk mengatur letak dari postingan kita. Dengan tool ini bisa mempemudah pembaca dalam menemukan konten sejenis yang mereka inginkan. Hal ini juga sangat membantu dalam meningkatkan SEO dari blog kita.

Show on Screen terletak pada bagian sebelah kanan atas dengan tulisan Screen Opstion, berfungsi untuk menampilkan lebih banyak kelebihan yang ada dalam postingan wordpress. Akan saya kupas pada postingan berikutnya ya….Simak terus….

Baca Juga:  10 Aplikasi atau Software Edit Foto Terbaik dan Terpopuler di Android

Demikian teman-teman, Memanfaatkan Fitur Posting di WordPress, semoga bermanfaat…

 

Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker