Technology WaysTutorial

Penyebab Android Macet dan Cara Mengatasinya

Nah, kali ini kita akan membahas tentang kendala atau masalah yang sering terjadi pada smartphone dengan OS android. Android sebenarnya sangat nyaman digunakan, dengan berbagai fitur yang memanjakan penggunanya, membuat android semakin laris dipasaran. Oke langsung aja ke poinnya. Apa saja yang membuat android sering macet ?

Android macet karena banyak aplikasi yang sedang berjalan

Penyebab yang paling utama adalah banyaknya aplikasi yang berjalan secara otomatis dan tidak dihentikan, hal ini akan menyebabkan penggunaan RAM semakin besar dan tentu saja kelancaran sistemnya akan terganggu. Untuk penggunaan smartphone di zaman sekarang ini, kami sarankan jangan gunakan smartphone yang kapasitas RAM nya hanya 512 MB. Gunakanlah minimal RAM 2GB untuk kenyamanan penggunaan.

Android macet karena terlalu banyak aplikasi

Penyebab kedua adalah banyaknya aplikasi sampah yang terinstall, terkadang ketika kamu mengunjungi sebuah website lalu kamu mengklik beberapa konten iklan dan akhirnya tanpa sadar, smartphonemu pun telah melakukan instalasi ke beberapa aplikasi. Ini menjadi penyebab yang sangat lumrah terjadi.

Android macet karena banyaknya cache

Cache sering disebut sebagai file sampah yang dihasilkan ketika menjalankan aplikasi tertentu. Nah banyaknya cache ini tentu berpengaruh terhadap kelancaran penggunaan smartphone. Cache akan membuat RAM harus bekerja keras, sehingga wajar saja jika pada saat penggunaan, hp kamu sering leg alias macet.

Android macet karena wallpaper dan tema

Tema yang terlalu berat menjadi beban bagi android, gunakanlah tema tema yang ringan dan simpel saja. Tema dan animasi mempengaruhi gesture dari tampilan, selain menghabiskan RAM yang besar, penggunaan tema dan animasi yang berat juga akan membuat baterai smartphone cepat habis.

Cara Mengatasi Android Macet

Nah setelah kita mengidentifikasi beberapa masalah tersebut, saatnya kita melakukan perbaikan dan pencegahan agar masalahnya dapat teratasi. Ada beberapa hal yang harus dilakukan diantaranya :

Hapus aplikasi dan game yang tidak penting

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghapus aplikasi-aplikasi sampah yang tidak pernah kamu gunakan. Cerdiklah dalam menyeleksi aplikasi mana saja yang layak untuk dihapus dan mana yang tidak layak. Dengan menghapus aplikasi tentunya akan menghemat penggunaan RAM dan android pun akan bekerja lebih baik dan lancar.

Bersihkan cache android

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah menghapus cache / sampah yang menjadi beban bagi smartphonemu. Untuk menghapus sampah ini kamu cukup menginstall aplikasi CCleaner yang dapat kamu download di playstore.

Gunakan wallpaper biasa

Solusi selanjutnya adalah gunakan wallpaper biasa yang tidak memberatkan smartphonemu. Cukup pilih tema dan wallpaper simpel yang enak dipandang dan gampang digunakan. Hal ini akan menghemat penggunaan RAM dan baterai smartphonemu.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga membantu. Silahkan share kepada teman-teman yang lain.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

SmartZone

Smartzone hadir memberikan informasi-informasi menarik tentang teknologi, edukasi dan isnpirasi untuk kehidupan Anda.Kami hanyalah penulis yang sedang belajar. Be Smart? Only at Smartzone.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker