Technology WaysTutorial

5 Cara Menghindari Kerusakan Mata Akibat Sering Didepan Komputer

Zaman terus berputar dan tak ada yang dapat menghentikan. Seiring perputarannya pula dunia berubah seketika. Dari zaman batu hingga kini zaman teknologi digital yang amat sangat membantu.

Saat dimana kita hidup sudah tidak hanya di satu dunia, karna bertambahnya dunia maya tentu pula ada cara untuk mengaksesnya. Tidak secara fisik sebagaimana dunia nyata, dunia maya punya alat dan koneksi agar dapat mengaksesnya.

Komputer. Tabet, tab, smart phone, laptop, televisi dan sebagainya adalah alat digital yang kini tak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan manusia.

Namun siapa sangka ternyata hal yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan malah memiliki segudang keburukan disamping segunung kebaikan yang ada. Namun segudang bukanlah suatu yang sedikit. Diantara keburukan akibat sering menggunakannya adalah mata cepat rusak. Dapat dilihat dari kaca mata kini bukan lagi pakaian orang tua tapi sudah cukup relevan dan biasa walau dipakai oleh akan kecil sekalipun.

Jika kamu termasuk orang yang aktif menggunakan alat alat tersebut, maka kamu perlu mewaspadai kerusakan mata dini. Beruntungnya kami akan membahas cara menghindari kerusakan mata akibat sering didepan komputer.

Berikut 5 cara menghindari kerusakan mata akibat sering didepan komputer :

  1. Istirahakan Mata Anda

Jika anda Menatap layar monitor lama maka dapat menyebabkan mata menjadi tegang dan cepat lelah . Untuk itu, saat mata merasa lelah, ada baiknya jika anda segera beristirahat meskipun sejenak. Ambilah istirahat kecil, entah berjalan-jalan kecil atau mengalihkan pandangan anda pada objek lain selain komputer atau smartphone ada bagusnya lihat taman dan yang hijau-hijau .

  1. Buat layar komputer Anda Senyaman Mungkin

Taruh layar komputer sekitar 50-66 cm jauh dari mata Anda dan bersihkan debu pada layar. Noda pada layar bisa mengurangi kontras dan meningkatkan cahaya dan refleksi.Pilih layar yang bisa dimiringkan dan diputar serta Pertimbangkan untuk menggunakan filter cahaya pada layar Anda.

Jika Menatap layar monitor terlalu dekat bukan saja berpengaruh pada kesehatan mata, punggung dan leher anda pun bisa terganggu karena pegal dan rasa sakit. Untuk itu, berikanlah jarak antara tempat duduk anda dengan layar monitor. Buatlah posisi senyaman mungkin agar anda tidak harus bekerja ekstra dengan menjulurkan leher pada bagian monitor karena objek pada monitor yang tidak terlihat dengan jelas.

  1. Berkedip

Berkedip adalah salah satu cara paling sederhana untuk membuat mata anda kembali segar. Saat anda merasa lelah, usahakan untuk mengedip-ngedipkan mata untuk memulihkan kebugaran mata. Meski sederhana cara ini banyak dipilih untuk memulihkan kesehatan mata.

  1. Rutin Periksa Mata

Meski anda tidak berkacamata, tidak ada salahnya untuk selalu memeriksakan kesehatan mata. Hal tersebut adalah cara terbaik untuk mendeteksi berbagai penyakit yang berkaitan dengan mata.

Mata adalah salah satu panca indera paling penting. Selain itu, mata juga adalah jendela dunia, dengan mata yang sehat keindahan dan warna-warni dunia bisa anda lihat dengan mata. oleh karena itu menjaga kesehatan mata adalah sebuah keharusan agar mata anda berfungsi dengan dengan baik.

  1. Pakai Kacamata

Kacamata komputer tidak sama dengan kacamata baca. Bila pekerjaan cukup menuntut Anda untuk sering berhadapan dengan monitor dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya gunakanlah kacamata ini. Alat tersebut akan membantu agar penglihatan tak terlalu terbebani dan mencegah kerusakan mata. Kacamata ini bisa didapatkan di dokter mata.

Itulah 5 cara menghindari kerusakan mata akibat sering didepan komputer. Semoga bermanfaat.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

SmartZone

Smartzone hadir memberikan informasi-informasi menarik tentang teknologi, edukasi dan isnpirasi untuk kehidupan Anda.Kami hanyalah penulis yang sedang belajar. Be Smart? Only at Smartzone.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker