Informasi dan Tips

Tips Mencari Kerja di Usia Dewasa dan Meniti Karir Sesuai Minat

Tips Mencari Kerja di Usia Dewasa dan Meniti Karir Sesuai Minat | Pekerjaan merupakan salah satu kegiatan manusia untuk mendapatkan salah satu sumber penghasilan. Dan pekerjaan sebagai karyawan atau bekerja untuk orang lain akan banyak dicari bagi fresh graduate. Perusahaan yang membutuhkan karyawan pun kebanyakan akan mencari yang sudah berpengalaman atau yang masih fresh graduate.

Perusahaan memiliki kualifikasi masing-masing untuk merekrut pekerja atau karyawan, namun diantara banyak syarat yang mayoritas tercantum adalah batasan usia. Hmmmm, dan bagaimana jika kita seseorang yang sudah dewasa “di atas usia” namun masih ingin mendapatkan pekerjaan tersebut? Yuk, simak tips berikut ini.

Sebelum mencari pekerjaan, buatlah CV

Selain surat lamaran kerja, kita juga harus membuat CV, usahakan CV dibuat sebaik mungkin, semenarik mungkin, tapi tetap jujur ya. CV yang menarik missal dengan adanya grafik, kolom, atau yang lainnya akan lebih mudah dibaca oleh penyeleksi atau HRD. Dari CV yang kita buat bisa menunjukkan bagaimana diri kita secara umum dan seefektif apa diri kita.

Baca Juga:  3 Jenis Hobi Penghasil Uang Apabila Ditekuni dan Dikembangkan

Belajar terus dan tidak minder

Di usia dewasa, kita tidak perlu minder dengan yang muda, teruslah belajar dan menambah bekal soft skill maupun hard skill. Dan jangan berpaku pada satu keinginan pekerjaan, namun di mana ada peluang maka isilah peluang itu dengan memanfaatkan kemampuanmu sebaik mungkin.

Tunjukkan niat kita dalam membangun karir

Niat dalam membangun karir bisa dilihat dari bagaimana komitmen kita, tunjukkan bahwa kita serius melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Selain itu, perusahaan juga akan melihat sejauh apa pengalaman kita dalam berkarir, dari situ bisa dilihat bagaimana riwayat kita dalam bekerja.

Tidak perlu takut jika kita akan bersaing dengan fresh graduate

Fresh graduate kebanyakan memiliki kelebihan usia muda, namun tidak semua fresh graduate memenuhi kualifikasi untuk menempati posisi karyawan. Kita yang sudah dewasa juga bisa mendapatkan posisi karyawan dengan keunggulan pengalaman kita.

Baca juga: Startup dan Cara Membangun Startup Bisnis Dari Awal !

Dan bagi kita yang belum berpengalaman di dunia kerja dan kuliah juga telat, sebaiknya kita mulai menekuni pekerjaan yang sesuai dengan hobby kita. Untuk itu simak tips berikut ini.

Baca Juga:  Daftar Harga Daihatsu Ayla Terbaru

Pertama, kita perlu memahami diri kita terlebih dahulu dan  perlu memahami bakat dan minat kita. Ini sebaiknya bukan dilakukan untuk orang dewasa saja, tapi untuk semua kalangan usia. Kita bisa membuat daftar hobby pada sebuah buku note kemudian kita pilah-pilah lagi, hal ini ditujukan untuk mendapatkan gambaran detail tentang minat kita.

Menelusuri minat dan bakat kita, beruntung bagi kita yang sudah mengetahui minat dan bakat kita secara yakin, namun bagi kita yang belum bisa menemukan minat dan bakat kita, kita perlu waspada, berarti kita belum mengenali diri kita secara menyeluruh.

Baca juga: Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Facebook di Bajak Orang Lain 

Jika dirasa sulit, kita bisa mendapatkan bantuan dari lembaga tertentu, saat ini sudah banyak lembaga yang menyediakan jasa konseling maupun analis sidik jari.

Setelah mengetahui minat, kita harus menjalin relasi atau pertemanan dengan orang yang memiliki kesamaan minat. Dengan begitu, kita akan bisa bertukar pikiran dan akan lebih mudah memahami satu sama lain, dan ini akan membantu kita dalam membangun brainstorming.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Yang paling penting, bukan hanya diskusi tapi kita juga harus terus mengembangkan dan mengasah minat dan bakat kita, supaya bakat kita diakui dan bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah buat kantong kita. Dan disinilah kita akan meniti karir kita menjadi seorang professional. Tetap semangat. Baca juga; 5 Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan ! Cek Yuk

 

Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker