Informasi dan TipsTokoh

Tips Menulis Ala Prof Dr Syahrizal Abbas MA

Tips Menulis Ala Prof Dr. Syahrizal Abbas MA | Tiba-tiba saya teringat dengan perkataan, “menulis bisa membuatmu selalu hidup di dunia”, perkataan ini memiliki maksud bahwa dengan menulis dan menelurkan karya-karya dalam bentuk tulisan bisa membuat kita seolah-olah selalu hidup meski jasad sudah dikubur.

Perawi hadist sekaliber Bukhari Muslim mungkin tidak akan pernah dikenal di dunia ini jika ia tak menuliskan hadist-hadist yang masih dipakai sebagai pedoman hidup hingga saat ini. Begitu pula halnya dengan Imam Ghazali, Prof Dr Wahbah Azzuhaili dengan karya fenomenalnya Fiqh Islam Waadillatuhu.

Namun bagi sebagian orang, menulis adalah perkara yang tidak mudah hingga akhirnya ia pun tidak pernah menulis sama sekali.  Berikut coba saya sharingkan sebuah tips menulis yang saya dapatkan langsung dari Prof Dr Syahrizal Abbas MA beliau adalah seorang akademisi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Syariat Islam Aceh.

Kiprah beliau di dunia Akademisi dalam bidang hukum Islam terbilang sangat luar biasa. Diusianya yang ke 34 tahun beliau berhasil memperoleh gelar Professor dan menjadi salah satu professor termuda di Indonesia.

Baca juga: Al-Quran Bisa Menebak Tahun Kelahiran, Benarkah?

Karya tulis beliau banyak di kenal oleh masyarakat seperti; Hukum Adat dan Hukum Islam di Indonesia; Eksistensi Teungku Meunasah di Aceh; Corak Pemikiran Hukum Islam Syekih Abdurrauf as-Singkily; Mediasi dalam Perspektif Hukum Syari’at, Hukum Adat dan Hukum Nasional; dan Syari’at Islam di Aceh .

Tips Menulis Ala Prof Dr Syahrizal Abbas MA ini saya dapatkan saat beliau mengisi mata kuliah Pemikiran Islam yang saya ambil untuk program Pascasarjana UIN Ar-Raniry. Tips ini sangat luar biasa untuk siapapun yang ingin belajar menulis.

Banyak baca buku

Seorang penulis tidak pernah bisa lepas dari aktivitas membaca, seorang penulis sudah pasti sangat hobi dengan membaca, seorang penulis pasti harus punya banyak referensi untuk tulisannya. Banyak membaca buku bagi seorang penulis adalah mutlak karena dengan membaca ia akan punya wawasan yang luas sehingga dengan sangat mudah ia akan menuliskan apapun yang ia baca.

Pake kamus

Untuk memunculkan kata-kata yang bagus, sering-seringlah membuka kamus, jangan pernah malas untuk membuka kamus jika mendapatkan kata-kata yang sulit dipahami. Kamus adalah referensi bahasa paling bagus, selain akan memudahkan dalam menemukan arti sebuah kata, kamus juga bisa berfungsi sebagai penambah referensi kata yang bisa dikembangkan menjadi kalimat tertentu dalam menulis, perbendaharaan kata dibutuhkan agar apa yang kita tulis bisa terus mengalir dengan mudah.

Baca juga: Cara Ampuh Menguasai TOEFL Dengan TOEFL Killer

Tulis apapun yang ada di kepala baru kemudian di susun

Kendala saat memulai menulis adalah kebingungan untuk menulis kalimat pembuka dari sebuah tulisan, maka pesan Prof DR Syahrizal Abbas MA, tulislah apapun yang sedang terlintas di benak Anda saat itu juga. Anda bisa menuliskannya dalam bentuk point-point penting atau langsung berupa sebuah kalimat.

Misal, Anda ingin menulis tentang tips menulis, jika saat itu Anda sedang berfikir tentang bagaimana cara menulis, maka tulis “bagaimana cara menulis”

Hindari membaca ulang jika kalimat yang disusun belum terlalu banyak, teruslah menulis apapun yang pernah terpikirkan dan baca. Jika merasa sudah cukup baru kemudian susun dan perbaiki sehingga menjadi lebih bagus dan enak dibaca.

Tidak mampu juga menulis?

Jika dari tiga hal diatas masih juga belum bisa Anda terapkan untuk mulai belajar menulis dan belum bisa menemukan ide-ide bagus untuk Anda tuangkan dalam bentuk tulisan, maka saran Prof DR Syahrizal Abbas, MA, tutup laptop, tutup buku, istirahatlah…..tidurlah….Anda bisa memulai kembali saat terasa segar.

Itu dia sedikit Tips Menulis Ala Prof Dr. Syahrizal Abbas, MA, sangat simple bukan? Baca juga: Menguak Situs Islam Toleran, Sudah Toleran kah?

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker