Bisnis OnlineInformasi dan Tips

5 Tips Meningkatkan Kecepatan Website yang Wajib Anda Praktekkan

Loading website sangat berpengaruh pada pengalaman para pengguna atau pengunjung yang didapatkan. Bahkan loading website yang cepat bisa membantu SEO Website. Namun tidak semua pemilik website tahu bagaimana tips meningkatkan kecepatan website padahal menaikkan kecepatan website sangatlah mudah dilakukan. Apa saja tipsnya? Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Hapus Plugin Yang Tidak Diperlukan

Plugin membantu dalam meningkatkan fungsi website, namun ketika menginstall plugin yang tidak diperlukan dapat memperlambat kecepatan website. Untuk mempercepat kecepatan website, hal utama yang harus dilakukan adalah menonaktifkan plugin atau extensions yang tidak diperlukan. Cara ini mampu mengurangi kecepatan loading website khususnya bagi yang menggunakan CMS seperti wordpress atau joomla. Pastikan juga Anda memilih wordpress hosting terbaik untuk website Anda

Sebuah penelitian membuktikan bahwa plugin memberikan dampak yang sangatlah besar terhadap kecepatan website, yaitu sekitar 86,7%. Untuk mempercepat kecepatan website bukan masalah banyak jumlah plugin yang diuninstall namun bagaimana kualitas plugin yang disisakan.

2. Optimasi Gambar

Menggunakan gambar memang membantu meningkatkan dan menarik konten yang dibuat di website. Dengan adanya gambar visual berwarna dapat menarik setidaknya 80% pengunjung untuk membaca konten yang dibuat. Namun sayangnya, gambar yang tidak dioptimasi dapat menghambat performa website.

Baca Juga:  Cara Memulai Bisnis Jual Tiket Pesawat Untuk Pemula

Biasanya, pembuat website pemula selalu menghadapi masalah kecepatan yang dikarenakan gambar yang tidak dioptimasi. Lalu bagaimana cara optimasi gambar? Sebelum mengupload gambar untuk mendukung konten website, maka sebaiknya gunakan software editing foto terlebih dahulu untuk mengoptimasi gambar tersebut. Jika ukuran gambar terlalu besar maka turunkan ukuran gambar aslinya atau gunakan plugin yang bisa mengoptimasi gambar.

3. Jangan Upload Video Langsung Ke Website

Memang pemilik website bisa langsung mengupload video ke situs webistenya secara otomatis akan tampil. Namun sebaiknya jangan lakukan cara ini karena dapat berpengaruh pada bandwith. Sebagai gantinya gunakanlah layanan video hosting seperti youtube dan biarkan mereka yang melakukan tugasnya.

Website berbasis wordpres memiliki fitur embed video, dimana dengan fitur ini anda bisa menyalin dan menempelkan URL video pada postingan dan embed secara otomatis. Dengan cara ini tentunya sangat membantu penggunaan bandwith website.

4. Gunakan Theme Website Yang Cepat &  Original

Mengubah theme website ternyata sangat berdampak pada kecepatan website. Jika website anda saat ini tidak cukup cepat maka sebaiknya pertimbangkan untuk mengubah theme website yang dimiliki. Karena sebuah percobaan membuktikan bahwa hanya dengan mengubah theme website bisa meningkatkan kecepatan loading website dari 630ms menjadi 172ms tentunya hal ini akan membuat nyaman siapa saja yang mengakses website anda.

Baca Juga:  Kursus Membuat Toko Online Professional GRATIS

Jadi, ketika membuat website jangan hanya memperhatikan design atau estetikanya saja namun juga mempertimbangkan kecepatan theme website. Jangan mudah tertarik dengan theme website yang bagus namun tidak cepat. Theme website yang cepat biasanya adalah theme website-website yang original.

5. Gunakan Hosting Yang Cepat & Berkualitas

Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun kecepatan website masih tidak meningkat, maka anda bisa mengganti penyedia hosting yang digunakan. Karena hosting yang Anda gunaka memiliki dampak pada kecepatan loading website. Memang tidak banyak yang melakukan cara ini, padahal tips meningkatkan kecepatan website satu ini cukuplah ampuh.

Tak perlu khawatir, kami merekomendasikan Anda untuk memilih hosting murah terbaik dari niagahoster yang sudah sangat berpengalaman dalam dunia perhostingan.

Niagahoster menggunakan Green Data Center Tier 4 berstandar internasional milik DCI Indonesia dan menjadi bagian dari Equinix, penyedia data center terbaik di dunia. Data center ini menjamin web hosting website Anda, apapun jenisnya, memiliki performa uptime hingga 99,999%.

Baca Juga:  Ini Dia 7 Keajaiban Dunia Terbaru Yang Harus Anda Ketahui

Satu hal yang membuat kami yakin dengan penyedia hosting ini selain sering membuat promo domain murah adalah fitur support super cepat yang selalu siap sedia membantu Anda 24 jam setiap hari, 7 hari dalam seminggu non-stop. Anda bisa menghubungi support niagahoster melalui sambungan telepon, live chat, email, serta tiket bantuan bahkan whatsapp messenger.

Itulah beberapa tips meningkatkan kecepatan website yang sangat mudah dilakukan untuk meningkatkan performa website anda. Loading website sangat mempengaruhi website tersebut, oleh karena itu  tingkatkan terus kecepatan website anda.

Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker