Bisnis OnlineLomba

Tips Jitu Meningkatkan Kecepatan Website untuk Kelancaran Bisnis Online Anda

Meski saat ini sudah banyak yang menggunakan website untuk kebutuhan jual beli online, masih cukup disayangkan juga ada pihak pengelola atau pemilik website yang belum mengetahui dan mengerti manfaat pentingnya website yang cepat.

Mereka cenderung lebih fokus pada konten dan desain website yang dibuat dan mengabaikan loading atau kecepatan akses website itu sendiri. Padahal ada banyak manfaat website yang cepat, diantaranya:

1. Meningkatkan Peringkat Di Mesin Pencarian

Pastinya semua pebisnis online ingin websitenya muncul di peringkat satu mesin pencarian. Nah, salah satu syarat agar website bisa menduduki peringkat pertama mesin pencari adalah kecepatan akses atau loading dari website tersebut.

Website yang lambat akan tersingkir oleh website-website yang dioptimasi dengan baik kecepatannya.

2. Memberikan Kesan Website Profesional

Pelanggan atau pengunjung yang datang di website adalah raja, sehingga pemilik website harus memberikan pelayanan terbaik kepada mereka. Kecepatan website menjadi salah satu upaya untuk memberikan pelayanan yang baik tersebut.

Ketika pelanggan bisa mengakses website lebih cepat maka mereka juga akan lebih suka berlama-lama dan bisa jadi datang kembali ke website tersebut.

Sebaliknya, jika website memiliki loading yang lama maka banyak pelanggan yang tidak sabar dan akhirnya meninggalkan website tersebut. Rata-rata pengunjung website akan memasuki sebuah website paling lama sekitar 3 detik saja untuk memutuskan meneruskan berselancar di website tersebut atau berpindah website ke website lain.

3. Meningkatkan Omzet Bagi Website Jual Beli Online

Meningkatkan loading website hanya 1 detik saja dapat berpengaruh besar pada website tersebut, terutamanya pada website jual beli online.

Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa perusahaan jual beli online yang melakukan percepatan terhadap websitenya. Misalnya saja seperti Amazon yang merupakan situs jual beli online terbesar di Dunia. CEO Amazon mengatakan bahwa potensi meningkatkan omzet bisnis dapat meningkat dengan menambah kecepatan website walau hanya 1 detik saja.

4. Memberikan Pelayanan Yang Baik

Website yang cepat tentunya sudah memberikan pelayanan yang baik terhadap para pengunjungnya. Terlebih jika yang mengunjungi website tersebut adalah perusahaan penyedia barang dan jasa yang ingin bekerjasama. Website yang cepat membuat pelanggan tertarik dan ingin mengetahui informasi yang lebih lanjut pada contact person yang tertera.

5. Memudahkan Aktivitas Online Di Website

Kecepatan akses website menjadi perhatian utama karena banyaknya aktivitas online yang terjadi pada sebuah website. Jadi jika loading website lama maka akan menghambat berjalannya aktivitas tersebut bahkan tidak bisa berjalan dengan baik dan sesuai.

Baca Juga:  Ini Cara Mudah dan Hemat Bikin Video, Banner, Poster hingga Website Untuk Keperluan Publikasi Acara Anda

Kepercayaan dan minat pengunjung bisa di bangun lewat hal-hal sederhana terutamanya dalam meningkatkan percepatan loading website. Jika website yang digunakan lambat maka pengunjung akan kecewa dan tidak lagi percaya dengan website tersebut.

6. Mencerminkan Hosting Yang Berkualitas

Hosting sangatlah penting dalam mempengaruhi tingkat loading suatu website. Jika website yang digunakan memiliki loading yang cepat maka bisa mencerminkan hosting yang digunakan berkualitas. Hal ini juga menggambarkan bahwa anda mengutamakan pelayanan kepada para pengunjung yang datang karna memilih hosting yang tepat.

Jika saat ini Anda belum tahu hosting yang bisa membantu mempercepat loading website Anda, maka kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan hosting dari Dewaweb.

Dewaweb adalah sebuah perusahaan penyedia layanan domain dan hosting asli Indonesia yang sangat memperioritaskan kepuasan pelanggan. Oleh karena itulah Dewaweb menaikkan standard kecepatan di untuk semua server cloud hosting mereka dengan hardware Intel Xeon Gold terbaru, LiteSpeed Cache, dan berbagai teknologi optimasi terkini yang bisa didapatkan tanpa biaya tambahan.

Jangan Buang Waktu Pengunjung Website Anda

Loading sebuah website sangat berpengaruh pada pengalaman para pengguna atau pengunjung. Data dari google menyebutkan bahwa 53% dari pengguna mobile site akan meninggalkan website yang dikunjungi jika loadingnya lebih dari 3 detik.

Untuk memeriksa kecepatan sebuah website, Anda bisa menggunakan tool seperti GtMetrix. Masukkan URL atau alamat website Anda lalu klik “analyze” dan tunggu hasil dari kecepatan website Anda.

Kecepatan website yang bagus bisa dilihat dari PageSpeed Score nya A (92%-100%) serta Page Load Time nya kisaran 1 sampai 4 detik per loading sudah termasuk kategori cepat.

Dan contoh diatas adalah hasil test salah satu website saya yang di menggunakan layanan hosting tercepat milik Dewaweb.

Namun sayangnya, tidak semua pemilik website tahu bagaimana tips meningkatkan kecepatan website padahal menaikkan kecepatan website sangatlah mudah dan sangat mungkin dilakukan. Apa saja tipsnya? Berikut beberapa diantaranya;

1. Hapus Plugin Yang Tidak Diperlukan

Plugin membantu dalam meningkatkan fungsi website, namun ketika menginstall plugin yang tidak diperlukan dapat memperlambat kecepatan website. Untuk mempercepat kecepatan website pertama, hal utama yang harus dilakukan adalah menonaktifkan plugin atau extensions yang tidak diperlukan. Cara ini mampu mengurangi kecepatan loading website khususnya bagi yang menggunakan CMS seperti wordpress atau joomla.

Baca Juga:  Berapa Penghasilan Dari YouTube, Ratusan Juga? Inilah Jawaban Yang Perlu Anda Ketahui

Sebuah penelitian membuktikan bahwa plugin memberikan dampak yang sagatlah besar terhadap kecepatan website, yaitu sekitar 86,7%. Untuk mempercepat kecepatan website bukan sebelah banyak jumlah plugin yang diuninstall namun bagaimana kualitas plugin yang disisakan.

2. Optimasi Gambar

Menggunakan gambar memang membantu meningkatkan dan menarik konten yang dibuat di website. Dengan adanya gambar visual berwarna dapat menarik setidaknya 80% pengunjung untuk membaca konten yang dibuat. Namun sayangnya, gambar yang tidak dioptimasi dapat menghambat performa website.

Biasanya, website pemula selalu menghadapi masalah kecepatan hal ini dikarenakan gambar yang tidak dioptimasi. Lalu bagaimana cara optimasi gambar? Sebelum mengupload gambar untuk mendukung konten website, maka sebaiknya gunakan software editing foto terlebih dahulu untuk mengoptimasi gambar tersebut. Jika ukuran gambar terlalu besar maka turunkan ukuran gambar aslinya atau gunakan plugin yang bisa mengoptimasi gambar.

3. Jangan Upload Video Langsung Ke Website

Memang pemilik website bisa langsung mengupload video ke situs webistenya secara otomatis akan tampil. Namun sebaiknya jangan lakukan cara ini karena dapat berpengaruh pada bandwith. Sebagai gantinya gunakanlah layanan video hosting dan biarkan mereka yang melakukan tugasnya.

Dalam website berbasis wordpres memiliki fitur embed video, dimana dengan fitur ini anda bisa menyalin dan menempelkan URL video pada postingan dan embed secara otomatis. Dengan cara ini tentunya sangat membantu penggunaan bandwith website.

4. Gunakan Theme Website Yang Cepat &  Original

Mengubah theme website ternyata sangat berdampak pada kecepatan website. Jika website anda saat ini tidak cukup cepat maka sebaiknya pertimbangkan untuk mengubah theme website yang dimiliki. Karena sebuah percobaan membuktikan bahwa hanya dengan mengubah theme website bisa meningkatkan kecepatan loading website dari 630ms menjadi 172ms tentunya hal ini akan membuat nyaman siapa saja yang mengakses website anda.

Jadi ketika membuat website jangan hanya memperhatikan design atau estetikanya saja namun juga mempertimbangkan kecepatan theme website. Jangan mudah tertarik dengan theme website yang bagus namun tidak cepat. Theme website yang cepat biasanya adalah theme website-website yang original.

5. Gunakan Hosting Yang Cepat & Berkualitas

Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun kecepatan website masih tidak meningkat, maka anda bisa mengganti penyedia hosting yang digunakan. Karena hosting memiliki dampak pada kecepatan loading website. Memang tidak banyak yang melakukan cara ini, padahal tips meningkatkan kecepatan website satu ini cukuplah ampuh.

Baca Juga:  7 Contoh Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan

Website yang sama bisa memiliki kecepatan loading yang berbeda karena berbeda hosting yang digunakan. Jika menggunakan server hosting murah tentu akan sangat berpengaruh pada website. Jadi pilihlah hosting yang cepat dan berkualitas agar loading website bisa maksimal

Seperti sudah kami rekomendasikan diatas, kami menganjurkan Anda untuk menggunakan hosting tercepat dari dewaweb. Kami coba rangkum 6 alasan lain kenapa memilih hosting di Dewaweb;

1. Terintegrasi dengan Lite Speed Cache

Penyedia hosting Dewaweb adalah layanan hosting pertama Indonesia yang seluruh servernya sudah dioptimasi dan terintegrasi dengan LSCache yang berfungsi untuk mempercepat website Anda.

2. Dukungan HTTP/2 + QUIC + Brotli

Optimasi kecepatan website dengan teknologi web terbaru HTTP/2, QUIC (Quick UDP Internet Connections) dan Brotli Compression

3. Support Full Super Fast SSD

Saat ini, seluruh server Dewaweb sudah menggunakan teknologi 100% Pure SSD Storage yang jauh lebih cepat dibanding teknologi penyimpanan data sebelumnya.

4. Platinum Partner LiteSpeed

Sebagai Platinum Partner dari LiteSpeed Technologies, Dewaweb sangat berpengalaman dalam optimasi best practise LiteSpeed sehingga untuk optimasi website Anda, mereka punya tim yang sangat mumpuni dibidang ini.

5. Dukungan Redis Caching

Semua server Dewaweb sudah support teknologi Redis database object caching yang terintegrasi dengan LiteSpeed Cache. Hal ini membuat caching di website Anda makin sempurna dan kecepatan web mudah dioptimasi.

6. Ninja Support 24/7

Support adalah bagian paling penting saat Anda memutuskan untuk menggunakan sebuah layanan hosting. Dengan layanan yang full 24/7 Anda bisa mendapatkan solusi disetiap masalah yang Anda alami terkait dengan hosting Anda. Dewaweb punya support Ninja yang selalu siap sedia membantu Anda mengatasi setiap masalah yang Anda hadapi terkait website Anda.

Dewaweb juga menyediakan layanan VPS Murah untuk website yang lebih professional agar Anda bisa mengelola sendiri server website Anda.

Itulah beberapa tips meningkatkan kecepatan website yang sangat mudah dilakukan untuk meningkatkan performa website anda. Ingat, loading website sangat mempengaruhi keberlangsungan sebuah website yang berujung pada kelancaran bisnis online Anda, So, segera optimasi website Anda dengan layanan yang direkomendasi.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker