Bisnis dan KeuanganBisnis OnlineWanita

7 Contoh Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti membuat anda tidak bisa bekerja sehingga tidak bisa memiliki penghasilan sendiri. Ada banyak pekerjaan rumahan yang bisa anda kerjakan di sela-sela kesibukan mengurus keluarga.  Sebagian besar orang menganggap bahwa bekerja di rumah hanya sebagai sampingan dengan penghasilan yang receh sehingga banyak dipandang sebelah mata.

Tidak seperti bekerja di kantoran yang penghasilannya sudah terjamin. Namun jangan salah, memiliki usaha rumahan yang prospektif bisa membuat anda memiliki banyak penghasilan bahkan mungkin bisa melebihi gaji kantoran.

Apalagi jika usaha rumahan tersebut sesuai dengan bakat dan minat anda maka peluang keberhasilan akan lebih mudah untuk anda dapatkan. Berikut ini merupakan 7 contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan.

  1. Bisnis Online

Perkembangan dunia digital mendukung lahirnya berbagai usaha kreatif termasuk yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga. Dan bisnis online adalah contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang saat ini lagi hits. Bisnis online bisa anda jalankan tanpa menghasilkan produk sendiri.

Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper bagi produk-produk yang sudah terkenal dan selanjutnya anda akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan. Anda juga bisa bergabung di beberapa marketplace yang sudah memiliki nama.

  1. Membuka Les Privat

Jika anda memiliki passion mengajar dan kemampuan akademik yang baik maka membuka les privat adalah pilihan usaha yang tepat. Selain dapat membantu perekonomian keluarga usaha ini juga dapat memberikan dampak positif bagi anak-anak disekitar anda agar lebih giat belajar.

  1. Menjadi Penulis Lepas

Era digital mendorong lahirnya berbagai marketplace yang membutuhkan konten-konten kreatif. Jika anda memiliki bakat atau passion dalam bidang tulis menulis menjadi penulis lepas adalah pilihan yang pas. Ada banyak situs marketplace yang menawarkan pekerjaan menjadi seorang penulis lepas untuk mempromosikan bisnis mereka.

Ini adalah salah satu contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang prospektif  karena akan selalu dibutuhkan untuk digital marketing.

  1. Menjadi Blogger Atau Youtubers

Demam youtube tidak hanya di kalangan anak-anak muda saja. Banyak ibu-ibu muda yang memilih melepaskan kerjaan kantoran demi menjadi seorang youtuber. Hal itu tidak mengherankan mengingat penghasilan yang ditawarkan oleh youtube cukup bombastis. Anda bisa memulai menjadi  youtuber dengan membuat video tutorial tentang resep masakan, make up maupun fashion.

Anda juga bisa menjadi blogger dengan berbagi tips n trik di blog pribadi. Terlebih jika background anda adalah content creator maka menjadi youtuber adalah contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang cocok.

  1. Memulai Bisnis Tanaman Hias

Jika anda senang berkebun dan memiliki keterampilan khusus untuk merawat tanaman anda bisa memanfaatkannya untuk membuka bisnis tanaman hias. Terlebih jika anda tinggal di perkotaan yang padat penduduk dan banyak polusi. Bahkan anda bisa membentuk komunitas bisnis city farm atau urban planning bersama  ibu-ibu kompleks atau anggota arisan dan PKK.

Untuk pemasaran, Anda bisa menjualnya secara langsung ke tetangga dekat atau teman-teman  maupun lewat internet. Anda juga bisa memamerkan tanaman hias anda di dalam pameran atau pun event-event kreatif lainnya.

  1. Membuka Usaha Kue Ulang Tahun Dan Anniversary

Apakah anda hobi membuat cemilan atau kue ketika di rumah? Ini bisa jadi modal anda untuk membuka usaha pemesanan kue ulang tahun. Meskipun tidak setiap hari ada orang berulang tahun atau merayakan anniversary, namun sekali pesanan anda akan mendapatkan untung yang lumayan.

  1. Membuka Jasa Menjahit

Salah satu contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang always on sepanjang masa adalah jasa menjahit. Jika anda memiliki keterampilan menjahit maka bisa dipastikan anda tidak akan menganggur tanpa penghasilan. Anda bisa mendapatkan pesanan jahitan dari orang-orang sekitar dengan ongkos jahit yang lumayan mahal.

Terlebih jika anda bisa menjahit kebaya atau gaun pesta maka dapat dipastikan penghasilan yang anda dapatkan sangat besar.

Itu dia 7 bisnis atau usaha rumahan untuk dilakukan oleh ibu rumah tangga, semoga bermanfaat dan bisa memilih salah satunya…

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker