Bisnis Online

Apakah Google Adwords Mempengaruhi Peringkat SEO Website?

Apakah Google Adwords Mempengaruhi Peringkat SEO Website? | Menurut Wikipedia, Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang berujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju website tertentu, dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan SEO adalah menempatkan website pada posisi teratas atau pada halaman tertentu untuk hasil pencarian kata kunci tertentu. Tentu tidak mudah mengejar posisi halaman pertama bahkan teratas, butuh perjuangan dan konsistensi.

Google sangat menyukai website dengan konten yang terupdate dengan baik dan berkualitas. Pada halaman hasil pencarian Google anda akan melihat hasil pencarian organik dengan SEO dan Google Adwords dibagian atas dan bagian sebelah kanan layar monitor anda.

Berikut perbedaan Google Adwords dan SEO :

Google Adwords

  • Hasil cepat, baik untuk promosi, dapat memasang iklan seketika
  • Dapat menargetkan banyak kata kunci
  • Dengan adwords anda dapat beriklan di situs Google dan situs lainnya dan website/blog yang menggunakan Google adsense
  • Traffic berbayar
  • Terletak dibagian atas dan sebelah kanan Google Search
  • Bersifat sementara
  • Tingkat pesaingan rendah, persaingan tinggi untuk keyword potensial
Baca Juga:  Memahami Perbedaan Antara Google Adwords dan Google Adense

SEO

  • Menghabiskan banyak waktu
  • Fokus pada beberapa kata kunci
  • Hanya tampil pada hasil pencarian Google Search saja
  • Traffic gratis
  • Optimasi semaksimal mungkin, tampil pada pencarian organic
  • Tidak menjamin berada diposisi tertentu sepanjang waktu
  • Bersifat jangka panjang
  • Tingkat persaingan hampir selalu tinggi untuk keyword tertentu

Lantas apakah Google Adwords berpengaruh untuk meningkatkan peringkat SEO? Jawabannya iya, Google Adwords dapat membantu meningkatkan peringkat SEO website anda.

Mengapa demikian? Karena dapat meningkatkan authority, Google paling suka advertiser yang menggunakan tools mereka sehingga domain atau website yang dipromosikan akan mendapatkan high quality authority, hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi advertiser.

Adwords sangat ideal bagi start-up maupun perusahaan baru yang mau mendapatkan traffic bertarget cepat untuk penjualan, dapat digunakan untuk riset keyword menemukan pelanggan baru atau menguji produk mereka, prosedur efektivitas website dan komponen lain dalam penjualan atau proses pemasaran.

Kampanye iklan dengan Google Adwords akan memperoleh hasil yang lebih cepat, tapi harus diingat anda juga harus mulai bekerja dengan SEO, pemasaran konten, dan media sosial untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. 3 tools inilah yang anda butuhkan untuk meraih sukses secara online dalam jangka waktu panjang.

Baca Juga:  Ini Dia 7 Cara Meningkatkan Penjualan Di Tokopedia

Google Adwords dan SEO sebenarnya bukanlah saingan, keduanya merupakan suatu alat yang tersedia di pemasaran digital, keduanya bisa berjalan seiringan. Gunakan Google Adwords ketika anda menginginkan traffic  yang cepat tetapi anda perlu SEO untuk traffic  yang bisa bertahan dalam jangka panjang dan berkelanjutan.

Ingin belajar lebih dalam tentang SEO? Cek infonya di: Belajar Kursus Private SEO Gratis Panduan Lengkap Membuat Website dan Toko Online

Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

One Comment

  1. Artikelnya sangat bermanfaat, ternyata beriklan di google adword + SEO, pemasaran konten, dan media sosial bisa meningkatkan high quality authority. Terima kasih sudah berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker