Bisnis dan KeuanganBisnis OnlineDunia KampusEducations

Anda Mahasiswa Suka Berbisnis, Kenalilah 7 Ide Bisnis Unik Untuk Mahasiswa Berikut Ini!

Mahasiswa dikenal secara luas sebagai agen perubahan bagi generasi masa depan. Ide-ide yang dicurahkan dari mahasiswa sangatlah kreatif dan kritis. Curahan pikiran tersebut dilakukan dalam berbagai hal, salah satunya adalah untuk berwirausaha.

Dalam memulai bisnis baru, dibutuhkan ide bisnis unik untuk mahasiswa, agar mampu menyesuaikan dengan persaingan bisnis saat ini yang begitu ketat. Ide-ide unik inilah yang mendorong mahasiswa untuk berwirausaha dengan bentuk usaha yang berbeda dari sebelumnya.

Bentuk usaha yang berbeda ini berpotensi mampu mensukseskan bisnis mahasiswa dengan menarik banyak pelanggan. Bagi anda mahasiswa yang suka berbinis, kenalilah 7 ide bisnis unik untuk mahasiswa berikut ini.

  1. Les Privat

Les privat memang sudah sering menjadi penghasilan besar bagi kaum mahasiswa, terutama mereka yang menekuni dalam jurusan ilmu pendidikan. Namun walaupun telah berlangsung sejak lama, dan selalu kita temui banyak mahasiswa yang menjadi guru privat, bisnis ini tetaplah unik.

Dimana letak keunikannya? Ciri khas keunikannya ada pada karakter guru privat yang berbeda-beda. Tiap-tiap guru privat memiliki cara mengajar yang berbeda-beda sesuai dengan ciri khas pribadinya. Disinilah daya tarik siswa yang menjadikannya selalu penasaran dengan cara mengajar guru privat yang baru.

  1. Jasa Penerjemah

Pekerjaan ini sangat cocok bagi mahasiswa yang masuk dalam jurusan bahasa dan sastra, seperti sastra Indonesia, sastra Inggris, sastra Jerman, sastra Arab, dan sebagainya. Bisa dikatakan bisnis ini tidak perlu modal uang. Anda hanya cukup bermodalkan keterampilan berbahasa asing saja. Karena tidak terikat instansi, anda dapat mematok harga bervariasi untuk sekali translate sesuai dengan banyaknya kata yang perlu untuk ditranslate.

  1. Jasa Pengiriman

Tidak harus terikat dengan instansi, bisnis jasa pengiriman dapat anda lakukan dengan fleksibel kepada orang-orang di sekitar anda. Anda hanya perlu membawa motor dan menginfokan nomor ponsel anda sebagai nomor telepon jasa pengiriman barang.

Tentu untuk wilayah pengiriman dapat anda batasi di sekitar area kampus saja. Bisnis jasa pengiriman sangat cocok bagi anda yang suka berjalan-jalan keliling kota dan masih sangat jarang dari mahasiswa yang melakukannya.

  1. Jual Beli Buku Bekas

Ide bisnis unik untuk mahasiswa lainnya adalah memperjualbelikan buku bekas yang masih anda punya. Buku-buku materi kuliah yang telah lampau dan tidak terpakai dapat anda perjualbelikan. Atau buku-buku mata pelajaran sekolah ketika masih SMA juga dapat anda tawarkan.

Dengan kata lain, bisnis ini menjual buku-buku bekas anda kepada pihak yang membutuhkan. Jika anda kekurangan stok, anda dapat meminta buku bekas dari teman anda yang sudah tidak terpakai juga.

  1. Jasa Desain Grafis

Mahasiswa yang memiliki keunggulan dalam bidang IT, terutama dalam editing, dapat mencoba usaha yang sudah cukup populer ini. Walaupun sudah banyak yang melakukannya, desain grafis tetap selalu dibutuhkan. Hal ini dikarenakan seni desain grafis yang sangat beragam dan kebutuhan desain grafis yang dapat tiba sewaktu-waktu.

  1. Jasa Reparasi

Bisnis ini membutuhkan keterampilan khusus untuk memperbaiki suatu barang atau fasilitas yang mengalami suatu kerusakan atau perbaikan. Anda dapat memulainya dengan reparasi kendaraan bermotor. Atau anda dapat membuka jasa servis laptop. Lebih dalam lagi, anda juga dapat menawarkan diri anda sebagai jasa reparasi fasilitas kampus, seperti reparasi peralatan listrik, pengecatan, dan sebagainya.

  1. Pertunjukan Seni

Bagi mahasiswa yang memiliki bakat dan minat dalam bidang seni, dapat mencoba memulai bisnis yang keren ini. Pertunjukan seni dapat berupa permainan drama, tari, bela diri atau band. Tentu tidak hanya anda saja seorang, pertunjukan seni ini membutuhkan kerjasama tim yang solid.

Jika anda mampu menunjukkan performa anda bersama tim anda dengan sangat baik, pasti orang lain tidak akan ragu mengundang anda berkali-kali dalam acaranya.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker