Bisnis OnlineWhatsApp Marketing

WhatsApp Marketing Sebagai Wajah Pemasaran Masa Kini

Sudah bukan hal aneh lagi jika digital marketing saat ini menjadi wajah dominan untuk pemasaran masa kini. Digital marketing merupakan proses pemasaran dari mulai iklan hingga proses transaksi jual beli yang dilakukan melalui media digital.

Media digital dapat berupa media sosial atau website, baik itu website perorangan maupun website marketplace. Salah satu marketing digital melalui media sosial yang sering digunakan adalah WhatsApp. WhatsApp merupakan aplikasi pesan digital yang digunakan untuk telepon pintar. Melalui WhatsApp seseorang dapat mengirim pesan tertulis, pesan audio, melakukan panggilan telpon dan video, mengirim gambar dan video, dan masih banyak lagi.

Alasan WhatsApp Sebagai Media Digital Marketing
Mengapa WhatsApp dipilih sebagai media digital marketing? Apakah yang dimiliki WhatsApp hingga layak digunakan untuk digital marketing? Hal ini karena aplikasi WhatsApp:

Gratis
WhatsApp merupakan aplikasi dengan layanan gratis yang dapat dioptimasi untuk keperluan bisnis sekaligus menjadi aplikasi yang mudah digunakan dan tentunya sudah akrab dengan kehidupan sehari-hari.

Sangat sering digunakan
Dibandingkan dengan aplikasi chat lain, WhatsApp merupakan aplikasi chat yang paling sering digunakan. Hal ini terbukti dari data mengenai seberapa banyak WhatsApp yang seseorang terima dan balas dalam satu hari.

Baca Juga:  Sekarang, Belajar Beriklan Di Facebook Gak Perlu Keluar Biaya Mahal

Aplikasi yang sangat populer
Karena pengguna WhatsApp sangat banyak, maka tingkat popularitasnya pun tinggi. Berbeda dengan aplikasi chat lain seperti BBM, Line, Telegram, dan lain sebagainya yang jarang dimiliki oleh setiap orang.

Broadcast messenger canggih
WhatsApp merupakn salah satu aplikasi chat yang dapat membroadcast semua kontak atau orang-orang tertentu yang telah dikumpulkan. Selain itu WhatsApp juga memiliki kemampuan di mana orang dapat membuat grup broadcast di mana sebelumnya telah di setting terlebih dahulu kontak masa saja yag akan menerima broadcast.

Mudah pertemanan
WhatsApp tidak memiliki fitur request dan accept sehingga untuk dapat berteman dengan orang lain upaya yang perlu dilakukan hanya memiliki nomor kontak orang tersebut yang telah terdaftar di WhatsApp.

Sinkron dengan kontak ponsel
Nomor yang digunakan untuk mendaftar WhatsApp adalah nomor yang digunakan pula untuk ponsel. Keduanya sinkron sehingga ketika seseorang sedang offline, maka dapat menghubungi nomor WhatsApp tersebut via ponsel biasa.

Akses di PC
Salah satu kemudahan yang dimiliki aplikasi chat WhatsApp adalah mudahnya diakses di PC. Akses PC ini akan memudahkan saat sedang melakukan diskusi marketing karena tidak perlu bolak-balik membuka HP.

Baca Juga:  Startup dan Cara Membangun Startup Bisnis Dari Awal !

Fitur yang terus berkembang
WhatsApp selalu melakukan pembaruan fitur-fiturnya untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada penggunanya.

Step Marketing Pembelajaran (Course WhatsApp Marketing)
Untuk menghubungkan relasi marketing baik itu pembeli maupun pihak yang membantu marketing, ada beberapa tahap yang dapat dilakukan:

Media sosial
Banyak sekali media sosial yang dapat menjadi penghubung dengan WhatsApp, salah satunya adalah Facebook. Caranya adalah dengan membuat post utama di dinding Facebook tentang apakah ada yang berminat berafiliasi dengan marketing Anda. Jika Ada, maka tahap selanjutnya adalah meneruskannya melalui messenger.

Personal messenger media sosial
Setelah dari dinding Facebook, ajaklah untuk lanjut melalui messenger baik itu secara personal maupun membuat grup khusus. Dalam messenger tersebut ajaklah dengan beberapa marketing yang Anda tawarkan hingga mau menyimpan nomor WhatsApp Anda dan melanjutkannya melalui WhatsApp.

Kategori chat dan broadcast
Nomor yang sudah bersedia dihubungi melalui WhatsApp kemudian disimpan menggunakan kategori. Setelah itu lakukan broadcast ke nomor yang telah dikategorikan.

Edukasi dan selling
Tahapan ini merupakan tahapan di mana Anda sebagai pusat marketing melakukan edukasi kepada anggota marketing Anda agar mengerti mengenai marketing yang harus mereka lakukan. Semakin bagus edukasi yang Anda lakukan maka semakin banyak pula closingan yang Anda dapatkan.

Baca Juga:  Rahasia Sukses Jadi Pebisnis Online

Jika Anda ingin belajar lebih dalam tentang WhatsApp Marketing dan langsung merasakan gurihnya penghasilan dari WhatsApp Marketing, Anda bisa pelajari di: Jago WhatsApp Marketing Commercial

Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker