BlogEducations

10 Wanita Paling Berpengaruh Di dunia Teknologi

Siapa yang tidak berkecimpung dengan teknologi, di dunia modern saat ini semua hal tak luput dari teknologi. Sistem konvensional telah ditinggalkan. Diganti dengan sistem teknologi yang canggih, yaitu teknologi digital.

Lazimnya kita semua tau bahwa dibalik laki laki hebat ada wanita hebat dan dibalik murid yang hebat juga ada guru yang hebat.

Saiyidina Ali bin Abi Thalib pun bernah berkata : Dibalik laki laki yang hebat, ada ibu dan istri yang hebat.

Begitu halnya dengan perkembangan teknologi, dalam segala kehebatannya ternyata ada sosok sosok wanita dibelakang itu semua.

Berikut 10 wanita paling berpengaruh didunia teknologi :

  1. Sheryl Sandberg – COO Facebook

Kesuksesan Facebook sekarang ini tidak bisa dilepaskan dari peran perempuan kelahiran Washington, 28 Agustus 1969 silam. Bergabung sejak 2008, Sheryl  menjadi wanita pertama yang masuk di jajaran dewan direksi Facebook.

Atas prestasinya itu, Sheryl sudah beberapa kali dinobatkan sebagai wanita paling powerfull di dunia teknologi versi majalah Forbes. Harta kekayaannya pun berlimpah, hingga kini diperkirakan telah mencapai USD 1,4 miliar.

  1. Susan Wojcicki – CEO YouTube

Nama Susan sendiri memang kalah bersinar ketimbang pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin. Tapi jasanya tidak bisa disepelekan.  Garasi rumah Susan sempat dijadikan kantor oleh duo founder Google itu.

Ia pun menjadi salah satu inisiator dibuatnya Google Doodles.  Selain itu, Susan turut andil dalam proses pengakusisian Youtube oleh Google pada 2007 silam.  Sejak 2014, perempuan kelahiran California ini dipercaya memimpin layanan streaming video terbesar di dunia.

  1. Marissa Mayer – CEO Yahoo
Baca Juga:  3 Cara Menabung Dengan Benar Agar Tabungan Kian Membesar

Setelah menamatkan pendidikan pascasarjana di Stanford University, Marissa Mayer bergabung ke Google pada 1999. Ia tercatat sebagai enginer perempuan pertama yang bekerja di raksasa pencarian internet itu. Salah satu kontibusi terbesarnya adalah AdWords yang kini menjadi mesin uang Google.

Atas kemampuanya itu, Marrisa kemudian dipinang oleh Yahoo untuk menduduki posisi Presiden sekaligus CEO di 2011.  Akusisi Tumblr senilai Rp 14 triliun menjadi salah satu keputusan penting yang Marissa ambil dikepemimpinannya.

  1. Angela Ahrendts – SVP Retail dan Online Stores Apple

Di perusahan besutan Steve Jobs itu, Angela didapuk sebagai Senior Vice President Apple Retail. Gajinya cukup fantastis, Angela mendapatkan bayaran USD 25,8 juta per tahun, atau sekitar Rp 345 miliar per tahun. Bayaran ini terdiri dari gaji tunai USD 5,8 juta dan saham USD 20 juta.

  1. Ruth Porat – CFO Alphabet

Sebelum bergabung dengan Google sebagai Chief Financial Officer (CFO) di tahun 2015, Ruth Porat adalah salah satu wanita paling berkuasa di Wall Street. Sejak tahun 2010 dia menjabat sebagai CFO Morgan Stanley.

Setelah Google mendirikan perusahaan induk Alphabet, status Ruth berubah. Perempuan kelahiran 1957 ini menjadi CFO Alphabet. Salah kebijakannya adalah penerapan inisiatif pemotongan biaya yang ketat sehingga meningkatkan keuntungan operasional.

  1. Amy Hood – CFO Microsoft
Baca Juga:  Cara Membersihkan Timeline Facebook dari Spam

Setelah Satya Nadella, orang penting selanjutnya adalah Amy Hood. Ia adalah Chief Financial Officer dari Microsoft. Sebelum menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai CFO di Microsoft, Amy sempat menjadi kepala divisi bisnis perusahaan besutan Bill Gates itu.

Dibawah kepemimpinan perempuan kelahiran 1971 ini, Microsoft bisa meraup pendapatan USD 93,6 miliar pada tahun fiskal 2015. Angka tersebut meningkat USD 6,7 miliar dari tahun sebelumnya.

  1. Gwynne Shotwell – President-COO SpaceX

Pada 2002,  ibu dua anak ini bergabung dengan Space X sebagai Vice President of Business Development. Hingga berjalannya waktu, Gwyne dipercaya sebagai President dan COO SpaceX.

Tugasnya sendiri mengelola operasi sehari-hari perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk itu, termasuk manifestasi lebih dari 40 peluncuran yang akan datang, kontrak senilai USD 2,6 miliar dengan NASA untuk mengantarkan para astronot ke stasiun antariksa internasional, dan mempersiapkan Dragon generasi terbaru untuk perjalanan pertamanya ke Mars pada 2018.

  1. Colette Kress – Executive VP & CFO Nvidia

Colette Kress berbagung dengan Nvidia sejak September 2013. Perannanya sebagai Executive Vice President dan Chief Financial Officer.

Sebelum itu, ia pernah tiga tahun menjadi Senior Vice President dan CFO di Cisco Cisco’s Business Technology and Operations Finance organization. Dimana dia bertanggung jawab atas strategi, perencanaan, pelaporan dan pengembangan bisnis untuk semua segmen bisnis, rekayasa dan operasi.

Baca Juga:  Cara Setan Pengaruhi Wanita

Sebelumnya, dia menghabiskan 13 tahun di Microsoft, termasuk empat tahun sebagai CFO divisi Server and Tools, dan memegang peran senior dalam perencanaan perusahaan dan keuangan. Dia pun sempat bertugas di Texas Instruments di berbagai posisi keuangan.

  1. Kelly Kramer – Executive Vice President and CFO Cisco

Kelly Kramer adalah Executive Vice President and CFO Cisco yang mengelola strategi keuangan dan operasioanl perusahaan dengan lebih dari 72 ribu karyawan.  Adapun tugas yang diembannya adalah  memaksimalkan nilai pemegang saham jangka panjang, memastikan portofolio inisiatif pertumbuhan yang seimbang dan mempertahankan tingkat integritas dan transparansi yang tinggi yang diketahui Cisco.

  1. Jen Fitzpatrick, VP Google Maps

Jen Fitzpatrick menjadi salah satu karyawan pertama di Google. Ia bergabung tidak lama setelah raksasa pencarian internet itu didirikan, yakni 1999. Kala itu statusnya sebagai mahasiswa magang.

Kini Jen dipercaya sebagai Vice President dari aplikasi yang telah digunakan lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia. Jadi ditangannya kita dapat melacak jalanan macet, rute ke suatu tempat hingga melihat keindahan gunung dan karang laut lewat Google Maps.

Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker