Bisnis Online

4 Tipe E-Commerce di Indonesia yang Harus Kita Ketahui

Perkembangan dunia E-Commerce di Indonesia terbilang sangat pesat, hampir setiap hari kita disuguhkan dengan iklan komersial tentang E-Commerce di televisi maupun baliho-baliho sekitar kita.

Eits, sudah tau belum E-Commerce itu apa? E-Commerce merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan pertukaran informasi melalui internet, televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Ribet kan? Ya, itu adalah pengertian secara deskripsinya. Baca juga: Cara Bikin Website Profit Dalam Hitungan Menit Tanpa Nulis Konten, Tanpa Pusing, Tanpa Ribet

Biasanya kita mengenal E-Commerce sebagai toko online atau penyedia barang yang bisa dipesan atau dibeli secara online. Nah, perkembangan ini lah yang semakin pesat saat ini.

Hal ini terbilang wajar karna didukung oleh kemudahan akses internet yang terus berkembang, setelah dulu ada 3G sekarang muncul 4G, kedepan bisa saja jadi 5G, 6G atau GG lainnya.

Nah, di Indonesia sendiri saat ini berkembang beberapa jenis E-Commerce

  1. Iklan Baris
Baca Juga:  Cara Unfollow Instagram Sekaligus Banyak Dengan Aplikasi

Ini adalah tipe E-Commerce yang berdasarkan pada coustumer to custumer, dimana penyedia layanan E-Commerce hanya sebagai perantara, sedangkan transaksi dilakukan langsung oleh penjual dan pembeli melalui nomor atau contact yang tertera pada displas E-Commerce. Contoh dari E-Commerce jenis ini seperti OLX, Kaskus dan beberapa media yang menawarkan pemasangan iklan baris. E-Commerce tipe ini ada yang berbayar ada pula yang gratis seperti OLX.

2. Online Retail

Lazada, bhinneka adalah masuk dalam kategori kedua ini yaitu bussiness to custumer. Dimana perusahaan penyedia jasa E-Commerce langsung menangani konsumen dalam satu waktu. Tentunya hal ini harus didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni dalam mengelola.

Contoh lain dari bussiness to custumer adalah toko-toko online  yang dikelola secara pribadi maupun perusahaan seperti E-Commerce AfkariBook.Com yang memadukan antara service dan pembelian buku secara online.

3. Online Travel

Traveloka,, pegi-pegi, misteraladin, trivago adalah kategori bussiness to customer yang menyediakan jasa pembelian tiket secara online. Tiket yang dimaksud disini tidak hanya terbatas pada pesawat saja, tapi bisa juga kereta api, voucher hotel

Baca Juga:  Facebook Lakukan Update News Feed Terbaru, Ini Perubahan Pentingnya

4. MarketPlace

Seperti halnya di dunia offline, dunia online juga punya sebuah mall  yang biasa disebut dengan marketplace, bedanya, marketplace di dunia online berfungsi hanya sebagai perantara antara bussiness dan customers, tujuan dari marketplace ini biasanya untuk memprokteksi customers dari kemungkinan penipuan secara online karna bisa menggunakan rekening bersaman dimana pihak penyedia layanan marketplace memegang uang customers sebelum akhirnya diserahkan kepada pihak perusahaan setelah mendapat persetujuan dari customers. Contoh paling populer dari MarketPlace di Indonesia adalah Tokopedia dan BukaLapak.  Kemudian adalagi Shopee marketplace yang hampir sama dengan Tokopedia dan BukaLapak, hanya saja lebih berfokus kepada aplikasi mobile.

Itu dia 4 Tipe E-Commerce di Indonesia yang Harus Kita Ketahui. Sudah menggunakan salah satunya? atau sudah jadi pemilik salah satu dari 4 tipe e-commerce diatas? Jika sudah, lakukan promosi segencar mungkin ya….!

Oia, untuk yang sudah punya, silahkan promosikan GRATIS di website ini, info detailnya silahkan baca: Promosi GRATIS Untuk Bisnis Anda Disini!. Atau jika ingin berpromosi GRATIS di website-website besar, teman-teman bisa baca: Cara Promosi GRATIS di Website-Website Besar.

Baca Juga:  Fitur Facebook yang Jarang Diketahui untuk Mendongkrak Marketing Online
Workshop Toko Online

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Musthafa Kamal

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker