Bisnis OnlineBlogger

Cara Paling Masuk Akal Menghasilkan Uang Dari Blog

Menghasikan Uang Dari Blog | Kedengerannya mudah menghasilkan uang dari blog, tapi jika anda tidak tahu caranya dan tidak bekerja keras maka akan sulit untuk menghasilkan. Blog anda harus anda pelihara, anda harus rajin meng-update konten di blog anda. Anda harus merencanakan sejak awal tujuan dari blog anda, tujuan yang jelas akan membuat anda fokus blogging dan memonetize blog anda tersebut. Banyak orang yang ngeblog hanya untuk ikut-ikutan atau iseng saja, seiring waktu nanti akan terlihat, yang aktif dan pasif. Blog yang aktif tentu saja banyak diminati oleh pengunjung dan hal ini berarti potensi untuk menghasilkan uang dari blog terbuka lebar. Berikut beberapa cara menghasilkan uang dari blog :

  1. Komisi Affiliate Marketing

Bergabung dalam sebuah program affiliasi adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog. Ada orang yang tidak mau repot-repot membuat produk sendiri. Tidak mau repot urusan pembayaran, repot buat produk, dll. Affiliate Marketing bisa jadi alternatif yang menarik untuk mendatangkan uang dari blog. Anda tinggal memilih produk affiliate untuk dijual. Lalu anda mempromosikan produk tersebut. Ketika ada pengunjung yang membeli dari anda, maka anda akan mendapatkan komisi. Dan mendapatkan komisi affiliate marketing sekian persen dari harga produk.

Yang perlu anda perhatikan bahwa program affiliasi yang anda ikuti sebaiknya sesuai dengan topik blog anda. Misalnya sebuah blog topiknya tentang internet marketing, maka program affiliasi yang anda ikuti harus berhubungan dengan niche tersebut.

Ada 2 cara anda bisa mulai mempromosikan produk afiliasi. Pertama, dengan bergabung dalam Affiliate Network. Kedua, dengan cara mencari langsung program afiliasi individu yang ada. Berikut ini beberapa contoh affiliate network yang populer:

  • Amazon – produk fisik
  • Clickbank – produk digital
  • WarriorPlus, JVZoo – produk internet marketing
  • ShareASale – berbagai produk dan layanan
  • CJ – berbagai produk dan layanan
  • Rakuten Linkshare – berbagai produk dan layanan
  • Envato – produk untuk web developer dan desain grafis
  • Ratakan – Produk-Produk Digital Indonesia

Produk afiliasi yang bagus dan dipromosikan dengan benar akan mendapatkan conversion rate yang tinggi. Keunggulan mempromosikan produk affiliate melalui blog dibandingkan dengan memasang iklan adalah tidak merusak tampilan website dan komisi yang anda dapatkan jauh lebih tinggi.

  1. Menawarkan Ruang Iklan di Blog (Direct Advertising)

Direct Advertising adalah metode dimana anda menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog anda. Kelebihan metode ini adalah penghasilan blog anda  bisa jauh lebih tinggi karena iklan yang terpasang di blog tidak melalui perantara pihak ketiga.

Blog yang menghasilkan uang pastilah blog dengan traffik yang tinggi. Traffik yang tinggi tentu saja menarik minat banyak pengiklan. Anda bisa menyiapkan ruang/spot untuk pemasangan iklan di blog anda. Anda bisa menyewakannya secara bulanan. Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dari spot iklan anda.

Tentu saja anda harus pintar-pintar memilih produk iklan yang akan dipasang di blog anda. Pilihlah produk yang sesuai dengan topik blog anda atau yang berkaitan dengan konten blog anda. Jika blog anda tentang internet marketing maka pilih produk yang berkaitan dengan niche tersebut. Hindari iklan yang bertentangan dengan niche blog anda karena akan membingungkan pengunjung. Jangan sampai iklan yang anda pasang dianggap mengganngu dan membingungkan dan justru mengurangi kunjungan visitor anda.

  1. Memasarkan Jasa atau Produk Sendiri

Blog bisa menjadi sarana peluang bisnis anda. Anda bisa membuat blog yang sesuai dengan hobi anda. Anda bisa membuat ulasan yang menarik tentang hobi yang anda lakukan. Misalnya anda hobi memasak, anda bisa posting konten berupa resep-resep masakan yang anda praktekkan, semakin blog anda diminati orang semakin besar peluang yang anda dapatkan. Bisa jadi anda akan melayani pemesanan makanan yang anda buat dan akhirnya anda bisa membuka catering.

Jika anda hobi menulis dan tertarik dengan internet marketing anda bisa mulai membuat e-book dan video tutorial yang bisa anda bagikan secara gratis, selanjutnya anda dapat membuat e-book dan video tutorial yang berkualitas sehingga bisa anda jual dan memberi income buat anda. Semakin anda rajin membuat konten yang berkualitas, menarik dan bermanfaat semakin besar orang yang berminat terhadap produk anda. Dan tidak menutup kemungkinan akhirnya anda dapat menerbitkan buku karya anda.

Selain produk, anda juga dapat menawarkan pelayanan jasa di blog anda. Misalnya anda yang memiliki keahlian khusus seperti : membuat website, menulis artikel, desain grafis, dll. Baca, Membuat Blog di: MahirWebsite.Com

  1. Paid for Review

Paid for review atau paid posts adalah metode monetisasi dimana anda mendapatkan penghasilan dengan mereview produk atau jasa milik orang melalui postingan di blog anda. Jika Direct Advertising iklannya berupa sebuah banner iklan, sedangkan paid review iklannya dalam bentuk postingan review.

Kegiatan menulis artikel tentang ulasan produk biasanya disebut dengan Paid for Review. Banyak yang ingin agar bisnis mereka diulas di blog orang lain. Satu artikel review biasanya dibayar sebesar Rp 300ribu – Rp 500ribu, itu sih tergantung negosiasi kita.

Tidaklah mudah mendapatkan Advertiser yang mau membayar untuk artikel review. Biasanya advertiserlah yang menghubungi anda melalui email. Jika tak kunjung mendapatkan advertiser, anda bisa mendaftar sebagai publisher di IDblognetwork. Beberapa bloger sering mendapatkan job menulis artikel review dari IDblognetwork, dan biasanya pihak advertiser mau membayar mahal untuk sebuah artikel dari publisher mereka.

Contoh Paid for Review : Saat ini sering kita bermunculan blog tentang make up dan cara berdandan, banyak dari brand kosmetik yang ingin meluncurkan produk terbaru meminta ulasan produk mereka kepada blogger yang berkaitan dengan make up. Sering kali contoh paket produk langsung dikirim ke blogger untuk di review.

  1. CPA Marketing

CPA adalah bisnis dimana anda dibayar berdasarkan tindakan / apa yang diperintahkan oleh penyedia layanan tersebut. CPA marketing merupakan salah satu cara terbaik yang sangat populer untuk mendapatkan penghasilan secara online karena rata-rata komisinya besar. CPA lebih digunakan untuk ‘action‘ atau tindakan.

Apa saja action/tindakan yang dimaksud itu?

  • Mengisi form pendaftaran
  • Mendaftarkan alamat email
  • Memberikan informasi kartu kredit
  • Mengunduh file
  • Subscribe/berlangganan terhadap suatu layanan
  • Mengisi Survey
  • Menginstall software/aplikasi (sering juga disebut CPI – Cost per Install)

Dalam CPA marketing, anda akan “merayu” pengunjung untuk melakukan tindakan-tindakan di atas kepada website/produk/layanan tertentu. Setiap kali pengunjung melakukan ‘tindakan’ yang dimaksud atau dengan kata lain anda berhasil membujuk pengujung, maka anda akan mendapatkan komisi.

Komisi yang anda dapatkan dari CPA beragam mulai dari $0.01 sampai $50 bahkan lebih. Semakin sulit tindakan yang diminta, semakin tinggi pula komisi yang diberikan. Misalnya, pendaftaran email termasuk yang mudah jadi komisinya lebih kecil daripada informasi kartu kredit atau mengisi survey.

CPA marketing tidak terlepas dari sebuah proses bernama optimasi. Tugas pokok dari seorang CPA marketer adalah mempromosikan offers/tawaran dan mengoptimasi kampanye (campaign) promosinya. Optimasi harus dilakukan secara terus-menerus supaya selalu mendapatkan hasil terbaik. Ada tiga elemen utama dalam sebuah proses CPA: Iklan, Landing Page dan Offer. Ketiga elemen ini masing-masing harus dioptimasi seiring proses berpromosi. Jika anda tidak menggunakan paid traffic maka tidak perlu pusing dengan optimasi iklan.

  1. Menjual Blog Anda

Menjual blog anda? Hahaha… mungkin anda kaget dengan cara penghasilan yang satu ini. Iya, karena mungkin ini pilihan terakhir yang terlintas dibenak anda. Tentu sangat berat bagi anda untuk memilih opsi yang satu ini karena sudah bangun blog capek-capek malah dijual. Biasanya orang memilih untuk menjual blognya karena dia memiliki cukup banyak blog dan tidak lagi cukup waktu dan tenaga untuk mengurusi masing-masing blog. Nah, untuk blog yang tidak mampu lagi di maintan lagi inilah yang dijual. Jika anda mampu menemukan calon pembeli yang potensial tidak jarang anda akan mendapatkan tawaran harga yang menarik.

  1. Menjadi Publisher Google Adsense

Advertising Networks atau jaringan periklanan adalah sebuah program layanan yang menghubungkan antara pemasang iklan/advertiser dengan para pemilik website atau blog. Nah, jika ingin menghasilkan uang dari program seperti ini, anda perlu mendaftar ke program jaringan periklanan tersebut, setelah itu nanti anda akan diberikan sebuah kode iklan yang perlu dipasang di blog. Penghasilan yang didapatkan biasanya dihitung setiap kali ada orang yang mengklik iklan di blog sobat atau biasa disebut PPC (Pay Per Click). Salah satu program Advertising Networks yang paling populer adalah Google AdSense. Untuk menjadi publisher dan mendapatkan uang dan mendapatkan uang dari Google Adsense, anda harus punya website/ blog yang memiliki traffic yang cukup besar. Penghasilan publisher didapatkan dari klik valid iklan Adsense yang ada di website/ blog, tapi jangan sekali-kali berpikir untuk melakukan klik pada iklan Anda sendiri karena ini dilarang oleh pihak Google Adsense.

  1. Membership

Program membership pada dasarnnya adalah sebuah program dimana anda menyediakan konten premium di blog anda dan konten premium tersebut hanya bisa dikases oleh pengujung yang sudah menjadi member dengan membayar sejumlah uang. Biasanya membership bulanan dan tahunan. Anda memberikan fasilitas dan akses khusus kepada para member blog anda. Program membership terbukti efektif mendatangkan income yang terus mengalir.

  1. Private Label Right (PLR)

PLR merupakan singkatan dari Private Label Right. Produk-produk PLR meliputi banyak hal (terbatas pada produk digital), seperti artikel, ebook, software, grafis, template, dll. PLR merupakan solusi sederhana bagi anda yang ingin menjual karya digital tanpa perlu membuatnya sendiri. Pada PLR, klaim kepemilikan bahkan nama pembuatnya dapat diubah tanpa melanggar hak cipta. Dasar konsep bisnis PLR adalah mengklaim sebuah produk yang memiliki lisensi PLR dan menjualnya kepada orang lain. Disinilah enaknya bisnis PLR, dengan produk PLR anda bisa:

– Memarketkan produk PLR dengan nama anda sendiri.

– Mengedit, Memperbarui bahkan Memanipulasi.

– Menjual Kembali dan Mendapatkan 100% Profits.

– Tidak perlu pusing membuat konten video & artikel.

– Tidak perlu pusing membuat sales letter & Download area.

– Karena anda hanya perlu Download, Edit, Upload dan Jual

– Dan masih banyak lagi…

Dengan membeli sekali produk PLR maka anda sudah bisa mengklaim produk tersebut dengan nama anda sendiri dan memarketkannya dengan KOMISI 100% menjadi milik anda. Salah satu produk yang saya rekomendasikan untuk Anda miliki, edit dan jual adalah Blog Duit…

Okke, itu dia Cara Paling Masuk Akal Menghasilkan Uang Dari Blog. Segera miliki produk yang saya tawarkan dan langsung lakukan tindakan untuk mulai menghasilakan uangnya,

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Laili Aprilia

"hai saya lili, penulis yang ingin berbagi informasi kepada Anda lewat tulisan", semoga bermanfaat

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker