Digital MarketingTechnology Ways

6 Jenis Bisnis Online dengan Hasil yang Memuaskan

Di abad internet seperti sekarang ini, peluang bisnis internet semakin terbuka lebar. Berbagai macam transaksi pun kerap kali dilakukan secara online. Walaupun ‘lalu lintas’ online di Negara berkembang seperti Indonesia tidak seperti di Negara maju seperti di Amerika, tapi cepat atau lambat pengguna Internet di Indonesia juga semakin banyak. Lihat saja sekarang ini dengan handphone seharga 200 ribuan saja orang sudah bisa mengakses internet. Bahkan saat ini Indonesia tercatat sebagai pengguna facebook terbesar kedua di dunia setelah Amerika. Ini membuktikan prospek bisnis online semakin cerah.

Lantas bagaimana kita sebagai pemula di dunia online memandang hal ini?. Apakah hanya mau menjadi penonton saja atau mau ikut turun membangun sebuah bisnis online yang berpotensi meraup untung yang sangat besar?. kami beri contoh yang cukup simple tentang menguntungkannya bisnis online, pemilik Microsoft, Bill Gates, yang beberapa kali menjadi langganan posisi nomor satu orang terkaya di dunia membutuhkan waktu belasan tahun saat penghasilannya mencapai 1 milyar dolar pertamanya. Sedangkan Mark Zuckerberg, pendiri facebook, mencapai 1 milyar dollar pertamanya hanya dengan waktu tiga tahun saja.

Selain potensi menghasilkan profit yang cukup menjanjikan, bisnis online juga menghemat banyak waktu dan waktukerja yang Fleksibel. Kebanyakan pelaku bisnis online adalah part time, Dalam sehari rata-rata pembisnis bisnis online hanya membutuhkan waktu 1-3 jam saja per hari. Sebenarnya banyak sekali jenis-jenis bisnis online, ada puluhan bahkan ratusan macam. Namun, secara garis besar dikelompokkan menjadi 3 macam saja. yaitu advertising (memasang iklan), online shop (toko online), affiliate marketing (makelar/broker).

Baca Juga:  10 Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

6 Jenis Bisnis Online yang Memuaskan

  1. ads Publishing (Menerbitkan iklan)

Ads Publishing atau Advertising adalah jenis bisnis online yang paling sederhana. Anda tinggal memiliki sebuah blog atau website lalu memasang iklan. Memang jenis iklan ini cukup banyak. Seperti: PPC (Pay Per Post), CPM (Cost Per Milion), CPA (Cost Per Action). Anda tinggal mencarinya sendiri lewat Google untuk mendapatkan keterangan yang lengkapnya. Untuk memasang iklan di blog, Anda cukup mendaftar pada website penyedia iklan. Penyedia iklan internasional misalnya google adsense, chitika, text link ads, bidvertiser, fixed rate. Penyedia iklan lokal dan regional asia misalnya idblognetwork, innity, adstars, adplus, kliksaya, adsensecamp, sittizen,. Pendaftaran ads pubising ini tidak dipungut biaya alias gratis.

  1. Menjadi Seorang Blogger

Menjadi seorang blogger adalah langkah tepat dalam berbisnis online. Caranya cukup gampang, yaitu dengan sign up Blog di situs pembuat blog seperti Blogger, WordPress, Drupal. Banyak blogger yang sudah membuktikan kesuksesannya, bahkan tak jarang tanpa bermodal alias menggunakan domain asli blog dan blog tersebut sukses menghasilkan dolar.

Baca Juga:  5 Pertanyaan yang Wajib Dijawab Oleh Semua Pengusaha

Yang harus anda perhatikan dalam menjadi seorang blogger adalah ketekunan, hindari plagiarisme, dan sabar. Kalau blog anda memiliki pengunjung tetap, ribuan visitor, dan konten berkualitas, langkah selanjutnya mendaftar pada Advertiser seperti Google Adsense.

  1. Mendirikan Toko Online

Jika kamu punya barang untuk dipasarkan cobalah untuk membuat bisnis online sendiri. Perkembagan toko Online memudahkan kamu untuk mempromosi dan menjual barang anda. Jika anda tidak memiliki skill dalam bidang ini, anda dapat memasarkannya pada situs toko online ternama seperti Bukalapak, Lazada, Tokopedia. Membuka lapak disitus e-commerce sudah terbukti menguntungkan. Karena dengan menjual online seller dapat menjangkau jangkaun yang lebih luas.

  1. Affiliate Parketing (Menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi penjualan)

Affiliate atau broker adalah memasarkan produk orang lain. Anda tidakperlu repot-repot menyediakan stok barang, mengirim barang ataupun menerima komplain dari pembeli, karena tugas Anda  memasarkan, masalah lainnya itu tanggung jawab penjual. Kita akan mendapatkan keuntungan dengan persentase yang ditentukan saat mendaftar jadi affiliate marketer dari setiap barang yang terjual. Merchant internasional yang terkenal misalnya amazon, clicbank, sharesale dan banyak lagi. Affiliate lokal juga cukup banyak.

  1. Membuat dan Menjual Plugin
Baca Juga:  4 Fungsi Google Translate yang Belum Anda Ketahui

Plugin adalah suatu program komputer dan merupakan bagian dari website yang menambah fungsi dari program utama. Anda dapat membuat atau memodifikasi pugin-plugin gratis ataupun premium dan menjualnya kembali dengan harga yang tinggi.

  1. Menjadi Seorang YouTuber

YouTubers, kadang-kadang disebut Personal YouTube atau selebriti YouTube, kelas selebriti Internet yang telah mendapatkan popularitas dari video mereka di situs video-sharing YouTube.  Banyak artis yang terkenal berkat tampil di YouTube. Sebut saja Justin Bieber dan Raditya Dika. YouTuber Indonesia juga sudah membuktikan kesuksesannya yang cukup menggiurkan, seperti Bayu Skak yang sukses meraih Rp 20 juta per bulan dari YouTube.

Menjadi seorang YouTuber membutuhkan modal seperti kamera berkualitas, lighting, editing pro, dan terpenting adalah konten yang berkualitas. Tak mudah memang menjadi seorang YouTuber, tapi tak ada salahnya untuk mencoba.

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

Musthafa.Net

Seorang manusia fakir ilmu yang selalu berusaha belajar dan menjadi lebih baik agar bisa berbuat sebanyak-banyaknya untuk orang banyak. Menyukai dunia Desain Grafis, Blogging, Traveling, Online Marketing, Diet, Bisnis dan Ekonomi Islam

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker