BlogEducations

Dampak Buruk Sering Menginstall Ulang Laptop atau PC

Tidak ada yang menyangkal kalo install ulang komputer adalah jalan termudah atau jalan pintas mengatasi laptop atau pc yang bermasalah ( error, lambat, bervirus dll ).

Namun juga tidak dapat dibantah bahwa menginstall ulang komputer terlalu sering juga akan ber dampak buruk pada laptop atau pc itu sendiri.

Berikut 4 dampak buruk akibat terlalu sering menginstall ulang komputer atau pc :

  1. Membuat Hardware Cepat Rusak

Proses menginstall ulang akan memakai tenaga penuh komputer milik kamu. Yang tentu dampaknya akan membuat hardware kamu terus-menerus bekerja ekstra keras.

Sebuah hardware yang terus-menerus dipaksa bekerja semaksimal mungkin, akan memiliki umur jauh lebih pendek. Pengalaman yang sudah terjadi, biasanya yang rusak duluan adalah hard disk. Karena memang pada saat proses install ulang, hard disk harus melakukan proses read dan write dengan ekstra keras.

  1. Rentan Mengalami Kerusakan Lagi

Laptop yang sering diinstal ulang akan mengalami kecenderungan mengalami kerusakan lagi. Untuk itu, sebaiknya kita mengetahui penyebab masalah yang terdapat pada laptop sebelum melakukan instal ulang. Secara teknis, instal ulang memang tidak menyebabkan dampak langsung pada hardware atau perangkat keras laptop seketika namun jika dilakukan secara terus – menerus masalah software atau perangkat lunak yang mencangkup sistem operasi juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada laptop ketika proses instal ulang.

Baca Juga:  Bekerja Bukan Solusi Finansial, Ini Alasannya

Berikut tips meminimalisir kerusakan jika harus instal ulang :

Cek kerusakan yang terdapat pada laptop sebelum melakukan instalasi.

Jika terpaksa harus melakukan instalasi sebaiknya lewati proses install ulang hingga partisi hardisk dengan benar guna meminimalisir munculnya masalah lain.

  1. Membuat Baterai anda tidak tahan lama

Sebaiknya disaat anda menginstall ulang laptop atau pc anda seharusnya anda menggunakan charger sehingga proses installasi tersebut kelar(selesai). Apabila anda sedang menginstall laptop tetapi baterai dilepas itu sangat Fatal karena tegangan pada listrik tersebut kurang stabil.

  1. Data akan hilang

Proses ini akan menyebabkan data anda hilang total dan tidak ada cara lagi untuk mengembalikannya, oleh karna itu pindahkan terlebih dahulu data yang penting ke lokal disk D atau E, jangan minyimpan di document.

Install ulang apabila terlalu sering anda lakukan juga bisa berpotensi membuat hardisk anda menjadi bermasalah, dan data data didalam nya akan hilang.

Itulah 4 dampak buruk akibat terlalu sering menginstall ulang laptop atau pc. Semoga bermanfaat dan membuat komputer anda lebih tahan lama.

Baca Juga:  Buat Hidupmu Bahagia. Pelajari 5 Aturan Psikologi ini

Pendapat atau Pertanyaan Anda?

comments

Tags

SmartZone

Smartzone hadir memberikan informasi-informasi menarik tentang teknologi, edukasi dan isnpirasi untuk kehidupan Anda.Kami hanyalah penulis yang sedang belajar. Be Smart? Only at Smartzone.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker